Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:54 WIB | Jumat, 25 September 2020

Fatah dan Hamas Sepakat Adakan Pemilihan Umum Palestina

Pemimpin tertinggi Hamas, Ismail Haniyeh, memberi isyarat saat berbicara pada kunjungannya di kamp pengungsi Palestina Ain el Hilweh di Sidon, Lebanon pada 6 September 2020. (Foto: dok. Reuters)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Kelompok militan Palestina, Hamas, dan saingan mereka di Tepi Barat, Fatah, telah setuju untuk mengadakan pemilihan umum Palestina, setelah hampir 15 tahun tanpa pemilihan umum. Kesepakatan itu dikatakan pejabat dari kedua belah pihak kepada AFP, hari Kamis (24/9).

Pemilihan parlemen dan pemilihan presiden akan dijadwalkan dalam enam bulan di bawah kesepakatan yang dicapai antara pemimpin Fatah, Mahmoud Abbas, dan kepala politik Hamas, Ismail Haniyeh.

Pemilihan parlemen Palestina terakhir diadakan pada tahun 2006, ketika Hamas menang telak secara tak terduga untuk wilayah Gaza Palestina.

Menurut catatan satuharapan.com, Fatah dan Hamas telah beberapa kali menyatakan mereka menyetujui untuk membentuk pemerintahan bersama dan pemilihan umum Palestina, namun hal itu belum pernah diwujudkan sejak 15 tahun lalu.

Salah satu kesepakatan mereka diumumkan pada 23 April tahun 2014 di mana keduanya sepakat untuk membentuk pemerintahan bersama dengan mengadakan pemilihan umum di Gaza dan Tepi Barat.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home