Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 08:11 WIB | Selasa, 25 November 2014

Festival Film Indonesia Gaet Banyak Juri

Festival Film Indonesia 2014. (Foto: muvila.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kemala Atmodjo, Ketua Pantia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 mengatakan FFI tahun ini menggaet lebih banyak juri untuk membuat penilaian lebih kredibel.

"Dengan sebuah ide untuk memperbanyak juri, mudah-mudahan gagasan itu dapat memperbaiki (FFI) sebelumnya. Hasilnya nanti akan diserahkan sepenuhnya kepada dewan juri," katanya dalam pembukaan acara pengumuman nominasi Festival Film Indonesia 2014, Senin (24/11).

FFI kali ini akan melibatkan sejumlah beberapa juri yang telah lama berkecimpung di dunia perfilman, antara lain para aktor dan aktris kawakan seperti Amoroso Katamsi, Ninik L Karim, Ikranagara, Widyawati, Alex Komang, Didi Petet, Ratna Riantiarno, Jajang C. Noer, Marini, Mathias Muchus, Tio Pakusodewo, Dewi Irawan, Dony Damara, Olga Lydia, dan Lukman Sardi.

Sejumlah aktor dan aktris muda yang pernah memenangkan Piala Citra juga digaet menjadi anggota juri, yakni Reza Rahadian, Abimana Aryasatya, Prisia Nasution, Laura Basuki, dan Adina Wirasti.

Reza Rahardian yang baru pertama kali terlibat dalam penjurian FFI mengaku berhati-hati untuk memilih orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi dalam dunia perfilman.

"Tidak bisa kita memberikan penghargaan yang oke performance-nya bagus, tapi pertanggung jawabannya enggak ada, menang sekali, dua tahun kemudian udah hilang," ujarnya.

"Siapa pun yang menang tahun ini, tolong hargai piala itu, hargai kerja keras dewan juri untuk bisa mempertanggung jawabkan apa yang sudah mereka pegang, bahwa memang itu bisa menjadi motivasi buat mereka untuk berkarir lebih baik lagi," dia menambahkan.
 

Untuk menentukan pemenang Festival Film Indonesia 2014, para dewan juri akan memilih kembali satu nominasi dari masing-masing kategori yang dikompetisikan.

"Nantinya, para dewan juri akan kami ajak menonton di bioskop semua film yang telah masuk dalam nominasi dan men-contreng satu dari daftar nominasi untuk setiap kategori," kata Robby Ertanto, ketua I bidang Penjurian FFI 2014.

Sederet nama sineas dari kalangan sutradara, DOP (Director of Photography), penata musik, penulis skenario, produser, hingga kalangan pengamat dan wartawan juga didapuk menjadi juri dalam FFI tahun ini.

Sementara itu, malam puncak penganugerahan FFI  2014 ini akan berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, pada 6 Desember mendatang. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home