Google+
Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:15 WIB | Minggu, 16 Februari 2020

Festival Kucing Kampung di Pontianak Hadirkan Kontes Unik

Satu di antara peserta kontes menunjukkan kucing kampungnya pada Festival Kucing Kampung di Pontianak, Minggu (16/2/2020). (Foto: Antara/Dedi)

PONTIANAK, SATUHARAPAN.COM – Komunitas pencinta kucing Pontianak Stray Cats Care (Poscar), menggelar Festival Kucing Kampung dan satu di antara rangkaiannya adalah kontes unik dengan berbagai kategori.

Ketua Panitia Poscar, Emi, menjelaskan festival yang dilangsungkan ketiga kalinya dan kali ini digelar di Kafe Fuzz, Taman Akcaya, Minggu (16/2), adalah bentuk rasa peduli terhadap binatang, salah satunya kucing kampung.

“Sebenarnya ini hanya dari sisi edukasi dan sosialisasi, bagaimanapun kami merupakan suatu komunitas yang peduli terhadap kucing kampong, mengingat banyak sekali kami lihat kucing yang dibuang, yang tertabrak dibiarkan, dan yang sakit di jalan. Kami dari tim Poscar sengaja mengadakan acara ini agar masyarakat lebih termotivasi untuk menyayangi hewan,” ujarnya di Pontianak.

Lomba atau kontes yang diadakan di acara Festival Kucing Kampung ini terbagi menjadi enam kategori, “Yaitu kucing terunik, cat show, fashion show, disabilitas, kucing yang gemuk namun ideal, dan kucing terfavorit,” katanya.

Panitia telah menyediakan banyak hadiah berupa piala dan hadiah hiburan yang telah dikemas sedemikian rupa, sehingga dapat membangkitkan atau memotivasi pencinta kucing yang mengikuti lomba tersebut.

Dalam acara itu juga terdapat program pemberian vaksin, pengobatan, dan pemeriksaan secara gratis yang dilakukan dokter hewan. Program itu terlaksana berkat kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak.

Masyarakat sangat antusias mengikuti acara Festival Kucing Kampung yang diadakan Poscar tersebut, terlihat dari yang ikut vaksin sebanyak 87 ekor dan yang ikut pengobatan sebanyak 62 ekor.

“Kami memberi apresiasi yang tinggi terhadap teman-teman dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pontianak yang sudah peduli dan membantu kami dalam program pemberian vaksin, pengobatan, dan pemeriksaan, yang semuanya gratis,” ucapnya.

Satu di antara pecinta kucing asal Perindu, Kabupaten Sanggau, Kesi Arimiati, mengatakan ia rela jauh-jauh datang ke Pontianak ke acara Festival Kucing Kampung dan sangat setuju dengan acara seperti itu.

“Selain diadakan vaksinasi gratis, saya sangat setuju dengan acara seperti ini supaya masyarakat memperhatikan kucing kampung,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pontianak, Bintaro, berharap acara seperti itu dilanjutkan dan dimaksimalkan lagi, serta terus berkomunikasi dengan pemerintah.

“Acara ini sudah bagus, tetapi perlu ditingkatkan lagi, bukan hanya pada pelayanan, juga sumber dana, agar semua kucing di Kota Pontianak juga di batas-batas kota juga terlayani,” kata dia. (Ant)

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home