Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 09:06 WIB | Sabtu, 11 Mei 2019

Festival Musik Rumah 2019 Buka Pendaftaran Partisipan

Ilustrasi poster Festival Musik Rumah 2019. (Foto-foto: Festival Musik Rumah)

SALATIGA, SATUHARAPAN.COM – Setelah tahun lalu tidak kurang dari 42 tuan rumah yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Kamboja, Jerman dan ratusan pemusik berpartisipasi dalam tiga hari penyelenggaraan Festival Musik Rumah (FMR) 2018, pasangan musisi Petrus Briyanto ‘Adoy’ Adi dan Bonita kembali mempersiapkan perhelatan FMR 2019.

Dalam keterangan pers yang diterima satuharapan.com, Adoy menjelaskan FMR 2019 akan dihelat selama tiga hari 16-18 Agustus. Konsepnya hampir sama dengan penyelenggaraan tahun lalu, yakni sebuah kegiatan bersama tuan rumah dan penampil menyelenggarakan konser di rumah dengan semangat kebersamaan anak nusantara.

Penyelenggaraan FMR bersifat partisipatoris dan tidak untuk profit. Yang dianggap sebagai rumah adalah: tempat tinggal keluarga, tempat berkumpul komunitas, panti layanan publik (panti asuhan, panti jompo, rumah sakit, rumah penjara), dan sejenisnya.

“Jika tahun lalu mengusung tema 'Merayakan Kebhinekaan dan Merawat Kebersamaan", FMR tahun ini bertema 'Merayakan Kebhinekaan, Merawat Kebersamaan, Menjalani Kebahagiaan'. Menjalani Kebahagiaan ditambahkan dalam tema FMR tahun ini untuk menguatkan kesadaran bersama bahwa kebahagiaan bukanlah semata tujuan. Kebahagiaan itu lebih pada pilihan menjalani hidup,” jelas Adoy dalam keterangan pers yang diterima satuharapan.com, Jumat (10/5).

Lebih lanjut Adoy menjelaskan FMR juga merupakan bentuk nyata musik hidup dalam keseharian, bahkan dalam unit masyarakat yang paling kecil yaitu keluarga/rumah. Berbeda dengan pandangan yang berusaha memasifkan dan menstrukturkan ekosistem dimana event musik atau konser haruslah diadakan oleh promotor yang punya lisensi khusus, FMR tidak. Musik bukan barang eksklusif, musik hidup dalam keluarga-keluarga dan kelompok-kelompok kecil masyarakat. Itu kondisi nyata, dan itu membahagiakan serta mempersatukan.

Dalam keterangan persnya tersebut Adoy sekaligus menyampaikan bahwa FMR membuka pendaftaran bagi masyarakat luas untuk terlibat sebagai partisipan dalam FMR 2019. Ada dua bentuk partisipasi yang bisa diikut yakni tuan rumah dan penampil.  

Partisipan bisa mengirimkan surat elektronik permintaan infromasi ke: festivalmusikrumah@gmail.com. Atau bisa menghubungi nomor (Whatsapp) +62 818905040.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home