Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:53 WIB | Jumat, 13 September 2019

Festival Seni Keagamaan Hindu 2019 Digelar di Surabaya

Ilustrasi. Arak-arakan Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional II yang digelar pada 25-28 September 2012 di Kota Yogyakarta, diikuti 16 provinsi. (Foto: indonesia-heritage.net)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu akan menggelar Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional III Tahun 2019.

Festival Seni Keagamaan Hindu kali ini mengusung tema “Merajut Khasanah Budaya Nusantara”. Festival akan berlangsung pada 17-21 September 2019 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Dirjen Bimas Hindu Prof Dr Ketut Widnya, perhelatan tahunan seni keagamaan Hindu ini menurut rencana dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Ajang ini akan diawali pawai seni budaya yang rencananya dilepas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Jatim Expo Internasional.

“Festival ini akan diikuti lebih dari 1.200 peserta dari 21 provinsi di Indonesia. Mereka akan mengikuti lima jenis perlombaan dalam festival,” kata Ketut Widnya, Kamis (12/9) seperti dilaporkan Benny Andriyos dan dilansir kemenag.go.id.

Lima jenis perlombaan tersebut yaitu: musik tradisional ritual keagamaan Hindu, tari tradisional ritual keagamaan Hindu, tari kreasi keagamaan Hindu, Sandyagita dan lawak keagamaan Hindu dengan mengangkat tema nilai-nilai agama.

“Harapan kami gelaran Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional III Tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Begitu juga dengan pembinaan umat Hindu di Indonesia bisa berjalan dengan semarak karena ada faktor seni dalam keagamaan,” kata Ketut Widnya.

“Seni dan agama bagi masyarakat Hindu merupakan bagian yang terintegrasi dan tidak bisa dipisahkan. Seni memberikan dimensi keindahan. Agama yang dibalut dengan keindahan maka mudah untuk dipelajari,” tutupnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home