Google+
Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:28 WIB | Rabu, 11 Januari 2017

FIFA: Piala Dunia 2026 Diperluas Menjadi 48 Tim

Dewan FIFA bersidang pada 9 dan 10 Januari di Zurich, Swiss. (Foto: fifa.com)

ZURICH, SATUHARAPAN.COM - Dewan putusan FIFA pada Selasa (10/1) dengan suara bulat menyetujui perluasan peserta Piala Dunia menjadi 48 tim pada 2026, dengan format 16 grup yang masing-masing terdiri dari tiga negara.

Dua tim teratas dari masing-masing grup kemudian maju ke babak sistem gugur dalam 32 tim.

“Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan #WorldCup akan diikuti 48 tim pada 2026: 16 grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim,” cuit akun resmi FIFA di Twitter.

Keputusan itu menandai terobosan besar bagi presiden FIFA Gianni Infantino yang berhasil memperluas pesta sepak bola empat tahunan itu di pemerintahannya yang masih seumur jagung.

Usulan kontroversial tersebut dikritik oleh sejumlah tokoh paling berpengaruh dalam dunia sepak bola, termasuk peringatan bahwa itu akan menurunkan kualitas permainan dan membebani pemain yang sudah kelelahan.

Namun, Infantino dalam beberapa pekan terakhir menyuarakan keyakinan bahwa proyek andalannya itu akan disetujui.

Meskipun mengakui bahwa turnamen yang lebih besar akan menghasilkan pundi-pundi uang yang lebih banyak, Presiden FIFA tersebut juga berpendapat bahwa penambahan tim di Piala Dunia akan membantu meningkatkan pertumbuhan global sepak bola.

Afrika dan Asia bisa menjadi pihak yang diuntungkan dalam format baru ini, dengan penambahan jatah tiket mereka, saat ini masing-masing 5 dan 4,5. (AFP)

 

Back to Home