Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 19:12 WIB | Kamis, 31 Juli 2014

FIFA Siapkan Rumput Artifisial Guna Piala Dunia Putri U-20

Contoh rumput yang sesuai standar FIFA. (Foto: fifa.com).

MONTREAL, SATUHARAPAN.COM – Setelah tiga pekan sebelumnya di Piala Dunia 2014 di Brasil usai, otoritas sepak bola tertinggi dunia (FIFA) kembali akan menggelar ajang Sepak Bola Tingkat Dunia, kali ini Piala Dunia Putri bagi pesepak bola usia di bawah 20 tahun (U-20) akan diselenggarakan di Kanada.

FIFA dalam keterangan di laman resmi pada Selasa (28/7) menyebut seluruh lapangan sepak bola di setiap stadion telah dilengkapi rumput aritifisial sintetis, yakni pertandingan dan akan berlangsung di empat kota di seluruh negeri: Montreal, Edmonton, Moncton dan Toronto.

FIFA telah menyiapkan infrastruktur penting bagi pesta sepak bola kaum hawa itu, sembari ajang pemanasan Piala Dunia Putri usia dewasa yang akan berlangsung pada 2015 dan di tempat yang sama.

Untuk pertama kalinya dalam U-20 Piala Dunia Putri, tiga dari empat rumput stadion  akan rumput mendapat sertifikat  FIFA   stadion, Montreal, Edmonton dan Moncton, sebagai tanda bahwa rumput yang digunakan adalah rumput alam hanya digunakan di Toronto.
Di Stadion Commonwealth di Edmonton, lapangan dibuat oleh Produsen Preferred FIFA FieldTurf   telah dipasang pada  2010, dan saat ini mendapat sertifikat kerapian rumput dari FIFA karena senantiasa dilakukan perawatan rutin.  

Lapangan-lapangan di Moncton (juga disediakan oleh FieldTurf Inc) dan di Stadion Olimpiade Montreal (disediakan oleh Produser Preferred FIFA Act ​​Global) yang baru dipasang tahun ini dan akan diuji secara menyeluruh sebelum memulai turnamen.
Kondisi geografis dan iklim  di Kanada berarti itu lebih bijaksana untuk bermain di rumput sintetis. Misalnya, lapangan rumput luar ruangan di Edmonton dan Moncton tidak dapat digunakan selama bulan-bulan musim dingin yang panjang.

Kemudian ada fakta bahwa Stadion Olimpiade di Montreal adalah stadion tertutup yang berarti bahwa lapangan rumput alam tidak akan mendapatkan cukup sinar matahari. Selain itu, sebagian besar lapangan juga digunakan untuk olahraga lain seperti sepak bola Amerika atau Kanada.

Turnamen ini merupakan turnamen pembuka sebelum nantinya  FIFA akan menggelar perhelatan yang lebih besar, yakni Piala Dunia putri usia dewasa FIFA pada 2015 yang juga akan diselenggarakan oleh Kanada berikutnya pada Juni dan Juli. (fifa.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home