Loading...
MEDIA
Penulis: Eben E. Siadari 00:19 WIB | Jumat, 24 Juli 2015

Financial Times Dijual ke Nikkei Seharga Rp 17, 5 Triliun

Surat kabar ekonomi terkemuka di Inggris, Financial Times (Foto: bbc.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Koran ekonomi dan keuangan terkenal terbitan Inggris, Financial Times, akan dijual ke perusahaan media Jepang, Nikkei, seharga £844 juta atau sekitar Rp17,5 triliun.

Spekulasi bahwa perusahaan induknya, Pearson, ingin menjual koran itu sudah beredar sejak Senin (20/07) pekan ini.

Namun nilai itu tidak termasuk saham Pearson sebesar 50% di majalah Economist dan juga kantor FT di dekat jembatan Southwark di pusat kota London.

Harga saham Pearson meningkat 2% setelah pengumuman penjualan FT tersebut.

"Pearson bangga menjadi pemilik FT selama hampir 60 tahun. Namun kami sudah mencapai titik perubahan dalam media, yang didorong oleh pertumbuhan besar telepon genggam dan media sosial," jelas pimpinan eksekutif Pearson, John Fallon.

"Dalam lingkungan yang baru ini, jalan terbaik untuk menjamin keberhasilan jurnalistik dan komersial FT adalah menjadi bagian dari perusahaan berita digital global."

Kelompok media koran Financial Times terdiri dari koran FT dan beberapa penerbitan lain, seperti Investors Chronicle, Banker, MandateWire, Money-Media, dan Medley Global Advisor.

Koran FT, yang terbit tahun 1888, memiliki 720.000 pelanggan cetak dan digital namun 70% membacanya lewat internet. (bbc.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home