Loading...
INSPIRASI
Penulis: Daniel Santoso 07:03 WIB | Jumat, 01 Juli 2016

Finding Dory

Temukanlah dirimu!
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Mengapa Dory perlu dicari? Apakah ia hilang? Siapakah yang mencarinya? Ternyata, Dory yang setia menemani Marlin menemukan Nemo, juga telah hilang sejak ia masih kecil. Akibat menderita penyakit lupa ingatan jangka pendek, Dory telah hilang dan tidak sadar bahwa ia telah terhilang.

Film berdurasi 97 menit ini tidak semata menggambarkan usaha Dory dan teman-temannya untuk kembali pulang serta usaha kedua orangtua Dory, yang memakai segala cara untuk menanti sambil memberikan petunjuk arah untuk pulang, namun kisah ini juga sarat dengan nilai kehidupan.

Walau semula agak ragu, Marlin akhirnya bersedia untuk menempuh segala rIsiko dan kengerian menyeberangi lautan demi Dory sahabatnya. Ikan badut ini betul-betul berusaha menempatkan diri pada posisi Dory. Bukan hal yang mudah. Namun, siapa yang bilang bahwa berteman itu gampang?

Walau semula demi pamrih, Hank tetap bersungguh-sungguh membantu Dory yang baru saja dikenalnya. Tanpa bantuan gurita berkaki tujuh yang cerdik ini, dapat dipastikan bahwa Dory yang amat pelupa dan penuh keterbatasan, akan gagal mencapai tujuannya.

Walau semula tidak percaya diri, Bailey akhirnya mau mengerahkan segenap kemampuan ekolokasinya demi membantu Dory. Setelah bertahun-tahun yakin bahwa ia cacat, ikan paus beluga ini berhasil menemukan kembali kemampuannya.

Walau tidak mempunyai harapan, Charlie dan Jenny tetap setia menyusun alur-alur jejak yang terdiri dari kerang-kerang kecil sebagai penunjuk arah pulang bagi Dory. Sebagai orangtua, mereka betul-betul bersemangat melatih dan bercita-cita besar bagi anaknya yang berkebutuhan khusus.

Walau merupakan film animasi anak, Finding Dory dibuat dengan amat serius. Setelah memikirkan jalan ceritanya selama hampir dua tahun dan merasa mantap akan cerita tersebut, barulah Andrew Stanton, Sang  Direktur, secara bertahap mendiskusikannya dengan seorang teman dan mengembangkannya dengan penulis skenario serta sekelompok ilustrator (story artists) hingga akhirnya film berbiaya 200 juta dolar ini diproduksi.

Walau merasa bukan siapa-siapa, sesungguhnya kita adalah siapa-siapa bagi sekeliling kita. Pakailah kemampuan kita dengan bersungguh-sungguh! Bersahabatlah dengan segenap hati! Jadilah kreatif dalam memecahkan segala persoalan hidup yang kita dan lingkungan kita hadapi!  Dan temukanlah hidupmu!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home