Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 09:25 WIB | Selasa, 26 Mei 2015

Fischer: Kekhawatiran Terhadap Kenaikan Bunga The Fed Berlebihan

Wakil Ketua Federal Reserve AS, Stanley Fischer (Foto:Reuters)

HERZLIYA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Federal Reserve (The Fed) Amerika Serikat, Stanlye Fischer, mengatakan adalah keliru menganggap sedemikian pentingnya rencana kenaikan suku bunga The Fed mengingat kenaikan suku bunga dimaksud ke level normal akan berlangsung secara bertahap dan memakan waktu bertahun-tahun.

Fischer, yang berbicara di Israel, mengatakan, walaupun pasar umumnya menganggap The Fed akan menaikkan suku bunga pada bulan September mendatang, itu belum dapat dipastikan. Sebab keputusan untuk menaikkannya, kata dia, bukan didasarkan pada tanggal tertentu melainkan berdasarkan data perekonomian AS.

"Jika perekonomian AS tumbuh dengan sangat sangat lambat, maka kita akan tunggu (menaikkan bunga). Jika ekonomi tumbuh lebih cepat, maka kita (menaikkan bunga) juga akan lebih cepat," tutur dia dalam pidatonya, sebagaimana dilansir oleh Reuters.

"Apa yang kini sedang kami pikirkan adalah menaikkan suku bunga dari nol, yang merupakan kebijakan moneter ultra ekspansif, ke level 0,25 persenm yang merupakan kebijakan moneter ekspansif ekstrim. Dan itu akan merupakan proses yang bertahap," tutur dia.

Fischer menambahkan, The Fed mengharapkan suku bunga akan mencapai 3,25 hingga 4 persen pada tahun 2017-2018.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home