Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 14:57 WIB | Jumat, 23 Juni 2017

Foo Fighters Umumkan Album Baru dan Jadwal Konser

Aksi Dave Grohl, lead vocal Foo Fighters di atas panggung. (Foto: Irish Mirror)

SATUHARAPAN.COM – Kerinduan penggemar Foo Fighters kepada grup band kesayangannya bakal terobati. Grup musik Amerika Serikat itu mengumumkan akan merilis album baru Concrete and Gold pada 15 September mendatang, Selasa (20/6) lalu. Foo Fighters juga mengumumkan rencana tur panjangnya, serta menggelar sebuah festival musik pada tanggal 7 Oktober.

Dalam festival musik yang akan dilangsungkan di California, Amerika Serikat itu, seperti dikutip dari variety.com, Foo Fighters akan mengajak Queens of the Stone Age, Cage The Elephant, Liam Gallagher, The Kills, Royal Blood, Japandroids, Wolf Alice, Bob Mold, dan banyak lagi. Selain konser musik, festival juga menawarkan menginap dengan cara berkemah bagi pencinta hiburan, berbagai atraksi, karnaval, water park, hingga studio rekaman bergerak. Festival  itu dijadwalkan dilangsungkan di San Bernardino, California, dan disebut Cal Jam 17.

Nama festival itu mengingatkan pada California Jam, sebuah acara yang diadakan di Southern California pada tahun 1974 dan 1978, menampilkan aksi grup rock seperti Deep Purple, Black Sabbath, dan Emerson, Lake & Palmer (1974) dan Aerosmith, Foreigner, dan Heart (1978). Bukan secara kebetulan, pemilihan nama itu tak lepas dari kecintaan Dave Grohl, 48 tahun, pendiri Foo Fighters terhadap musik rock, menyiratkan "semangat ‘California Jam’ asli", meskipun Grohl baru berusia 5 tahun ketika festival pertama berlangsung.

Album baru Concrete and Gold diproduksi oleh Greg Kurstin, pemusik dan produser rekaman yang dikenal bertangan dingin melahirkan rekaman-rekaman laris Adele, Katy Perry, dan Pink.

Dalam sebuah pernyataan Grohl mengatakan, "Saya menginginkannya menjadi rekaman Foo Fighters terbesar yang pernah ada. Untuk membuat rekaman rock hebat dengan rasa melodi Greg Kurstin dan aransemennya ... Mirip Sgt. Pepper dari Motorhead ... atau semacamnya, dari musik kami dan otak Greg yang hebat dan semua aransemen serta komposisinya yang canggih. Jadi Greg kami minta untuk menjadi produser karena dia belum pernah membuat rekaman rock yang berat dan kami tidak pernah bekerja sama dengan produser pop."

Grohl, mantan penabuh drum grup musik Nirvana, mendirikan Foo Fighters pada 1994. Selain Grohl (vokal utama, gitar), grup ini digawangi Nate Mendel (bass), Pat Smear (lead guitar, backing vocal), Taylor Hawkins (drum, perkusi, backing vocal), Chris Shiflett (lead guitar, backing vocal), Rami Jaffee (keyboards, organ). Dua anggota yang sudah keluar adalah William Goldsmith (drum, perkusi, 1995–1997) dan Franz Stahl (lead guitar, backing vocal, 1997–1999).

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home