Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 08:34 WIB | Jumat, 24 April 2015

Foto Langka Marilyn Monroe Dipamerkan di Polandia

Foto Marilyn Monroe yang terkenal dari serial Ballerina Sitting, karya fotografer Milton H Greene. (Foto: Milton H Greene/pixshark.com)

WROCLAW, POLANDIA, SATUHARAPAN.COM – Marilyn Monroe sudah meninggal 53 tahun lalu. Namun, aktris fenomenal yang mewarnai era 1948 – 1962 itu masih menjadi berita hingga kini.  

Berita terakhir tentang aktris Hollywood yang terkenal melalui film Some Like It Hot (1959) itu, muncul seiring Kota Wroclaw yang terletak di Polandia barat, lebih kurang 350 km dari Warsawa, ibu kota Polandia, memamerkan koleksi foto-fotonya.

Kota Wroclaw, seperti diberitakan voaindonesia.com 22 April, membeli foto-foto langka Marilyn Monroe itu di suatu lelang tahun lalu seharga 6,4 juta zloty ($1.69 juta, atau Rp 21,86 miliar) menurut media lokal. Koleksi itu menjadi atraksi besar untuk Kota Wroclaw, yang akan menjadi salah satu ibu kota budaya Eropa pada 2016.

Foto-foto Marilyn Monroe yang diabadikan fotografer Milton H Greene itu akan dipajang di Kota Wrocklaw pada musim panas ini sebagai bagian dari koleksi langka foto aktris Amerika Serikat tersebut.

Koleksi tersebut terdiri atas 3.000 cetakan, termasuk foto-foto aktris tempo dulu yang lain seperti Audrey Hepburn, Grace Kelly, Judy Garland, dan Marlene Dietrich. Foto-foto tersebut diambil di lokasi syuting, di bioskop, di sesi foto majalah, atau foto latar belakang kegiatan pribadi.

Preview 47 foto Monroe, termasuk “Ballerina Sitting”, dipamerkan kritikus seni dan fotografi pada Selasa (21/4), sementara pamerannya sendiri yang berjudul “Good Day, Marilyn”, akan dibuka untuk umum pada Juli mendatang.

“Seseorang yang melihat pameran itu akan bisa melihat Marilyn Monroe yang berbeda di tiap foto karena foto-foto ini menampilkan dirinya sebagai artis tapi juga seorang individu,” kata kurator pameran Marek Stanielewicz.

“Marilyn Monroe berpose di beberapa foto tapi foto lain menunjukkan ia dalam situasi-situasi yang akrab. Inti dari foto-foto ini adalah menunjukkan Marilyn Monroe tidak hanya sebagai aktris yang hebat dan simbol seks tapi Marilyn Monroe sebagai manusia dan perempuan,” Stanielewicz menambahkan.

Fotografer Greene, yang bekerja untuk majalah seperti Harper's Bazaar dan Vogue, menjadi teman Monroe setelah bertemu dalam sebuah sesi foto. Mereka kemudian mendirikan perusahaan produksi dan Monroe akhirnya tinggal bersama fotografer tersebut dan keluarganya, dan ia mengambil banyak foto Marilyn. Greene meninggal pada 1985.

Polandia mendapatkan foto-foto tersebut sebagai bagian dari penyelesaian dalam kasus penggelapan yang melibatkan pengusaha AS pada tahun 1990-an. Bagian pertama foto-foto Monroe dilelang tahun 2012.

Wroclaw, yang tahun lalu mendapat predikat “Kota Terbaik untuk Tempat Tinggal” versi lembaga konsultan Mercer, seperti bisa dilaporkan local-life.com, belakangan menjadi destinasi favorit para wisatawan. Kota berpenduduk 633.802 jiwa menurut sensus 2014 itu, dijuluki “Venice of Poland”.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home