Loading...
MEDIA
Penulis: Sotyati 17:04 WIB | Rabu, 16 April 2014

Fotografer AFP Raih Penghargaan CHIPP

Fotografer AFP Raih Penghargaan CHIPP
Foto atlet ski Norwegia Anders Bardal karya Daniel Sannum Lauten dari AFP yang meraih penghargaan CHIPP. (Foto: AFP/Daniel Sannum Lauten)
Fotografer AFP Raih Penghargaan CHIPP
Foto korban Topan Haiyan di Filipina membawa ikon agama dalam suatu prosesi, dengan latar belakang lansekap yang porak-poranda karya Philippe Lopez dari AFP meraih penghargaan di CHIPP. (Foto: AFP/Philippe Lopez)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Wartawan foto AFP Daniel Sannum Lauten pada Selasa (15/4) memenangi salah satu penghargaan utama dalam kompetisi China International Photo Press (CHIPP), berkat foto miliknya yang memperlihatkan aksi seorang ski-jumper dengan berlatarkan bulan.

Sannum Lauten, yang berbasis di Oslo, memenangi kategori foto olahraga individu terbaik dalam ajang penghargaan yang diluncurkan pada 2005 oleh China Photojournalists Society. Tahun ini, gelaran tersebut menerima lebih dari 30.000 peserta dari 60 negara.

Dua fotografer AFP lainnya juga menerima gelar kehormatan, termasuk Philippe Lopez asal Hong Kong untuk foto kondisi pascabencana Topan Haiyan yang melanda Filipina tahun lalu dan menewaskan ribuan orang.

Foto Lopez, yang meraih hadiah perak dalam kategori “perang dan bencana”, menampilkan foto korban membawa ikon agama dalam suatu prosesi, dengan latar belakang lansekap yang porak-poranda.

Foto tersebut juga memenangi kategori spot news dalam penghargaan World Press Photo tahun ini.

Sementara itu fotografer AFP Bulent Kilic asal Istanbul mendapat pengakuan atas foto yang menunjukkan pengunjuk rasa di ibu kota Turki, yang memenangi pujian dalam kategori “berita besar yang tidak berhubungan dengan perang atau bencana”.

Hadiah utama dalam penghargaan CHIPP jatuh kepada fotografer Kanada yang berbasis di Beijing Kevin Frayer, atas foto hitam-putihnya yang memperlihatkan seorang wanita duduk di tengah bangunan yang dihancurkan oleh Topan Haiyan. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home