Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:02 WIB | Selasa, 07 Mei 2019

FTI UKSW Gelar Pelatihan Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SD

Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga dan Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Salatiga, menggelar kegiatan Pelatihan Internet Sehat dan Aman bagi siswa SD di laboratorium komputer FTI UKSW, Salatiga, 26 April, 27 April, serta 2 Mei 2019. (Foto: uksw.edu)

SALATIGA, SATUHARAPAN.COM – Menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga dan Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Salatiga, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar kegiatan Pelatihan Internet Sehat dan Aman. Kegiatan pelatihan diadakan di laboratorium komputer FTI UKSW, dan dibagi dalam tiga pertemuan, pada 26 April, 27 April, serta 2 Mei 2019.

Suprihadi SSi MKom, dosen FTI UKSW sekaligus koordinator kegiatan, mengungkapkan pelatihan internet aman dan sehat tahun ini diikuti 32 sekolah dari empat kecamatan di Salatiga.

“Tahun ini adalah tahun keenam penyelenggaraan pelatihan internet sehat dan aman. Total ada 960 siswa sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah di Salatiga yang mengikuti kegiatan ini. Kebanyakan didominasi siswa kelas 5,” Suprihadi menjelaskan, ketika ditemui di sela pelatihan di laboratorium komputer FTI UKSW pada pekan lalu.

Ia mengatakan, materi pelatihan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Peserta diberikan pengertian apa itu internet, manfaat, dan juga plus dan minus penggunaan internet, tips mengenali hoax, dan tips bermain game online yang sehat.

Selain diberikan pelatihan, para siswa juga mengisi kuesioner online. Sebanyak 15 tenaga pengajar yang terdiri atas dosen FTI UKSW dan relawan TIK Salatiga ikut ambil bagian memberikan pelatihan. Ikut mendukung kegiatan itu 15 mahasiswa dan enam laboran.

“Melalui pelatihan ini kita melakukan monitoring penggunaan internet dan gadget pada anak usia dini di Salatiga. Ini juga untuk mengukur tingkat kemanfaatan dan pemetaan penggunaan internet bagi anak usia dini,” Suprihadi menjelaskan ketika disinggung tujuan diadakannya pelatihan ini.

Tidak bisa dimungkiri, penggunaan internet saat ini sulit dilepaskan dari aktivitas sehari-hari. Begitu juga oleh siswa sekolah dasar. Suprihadi berharap melalui kegiatan rutin tahunan ini anak-anak di Salatiga sebagai generasi penerus bisa memanfaatkan teknologi internet dengan, sehat, aman maksimal untuk kepentingan yang positif. (uksw.edu)

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home