Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:54 WIB | Kamis, 10 Januari 2019

Gambar dari Antariksa Bantu Peta Kemiskinan Ekstrem

Ilustrasi. Kawasan permukiman kumuh yang dihuni warga miskin di Complexo do Alemao, Rio de Janeiro, Brasil. (Foto: Voaindonesia.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Perjuangan memberantas kemiskinan mendapat bantuan dari arah baru: Atas.

Gambar-gambar satelit membantu peneliti memetakan daerah-daerah yang sangat miskin. Gambar-gambar itu bisa membantu para pejabat mengidentifikasi lebih cepat dan lebih akurat, apakah kebijakan dan program pembangunan berhasil atau tidak, seperti laporan yang dilansir Voaindonesia.com pada Kamis (10/1).

Memberantas kemiskinan ekstrem menjelang tahun 2030, adalah yang pertama dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diadopsi oleh PBB pada tahun 2015.

Para pakar biasanya mengukur kemiskinan dengan menggunakan data sensus dan survei rumah tangga. Tetapi, alat-alat itu mahal, butuh waktu, dan padat karya. Negara-negara biasanya melakukan itu hanya sekali setiap beberapa tahun.

Pada sisi lain, satelit memetakan seluruh permukaan dunia dengan resolusi tinggi setiap beberapa hari. Gambar-gambar itu akan semakin baik dan murah, karena semakin banyak jaringan satelit publik dan swasta beroperasi.

 

Back to Home