Google+
Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:19 WIB | Selasa, 11 September 2018

Gandeng Barista, KAI Ngajak Ngopi Bareng di Kereta

Ilustrasi. Vice President PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Sulthon Hasanudin (berkaca mata hitam) saat meninjau kegiatan festival Ngopi Bareng KAI grtis di Stasiun Madiun, Senin (10/9). (Foto: Antaranews.com/Humas Daop Madiun),

MADIUN, SATUHARAPAN.COM – PT Kereta Api Indonesia mengajak para konsumen untuk "ngopi" bareng yang diramu oleh para barista lokal, dengan menggunakan kopi lokal Indonesia.

Vice President PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Sulthon Hasanudin, Senin (10/9), menjelaskan kegiatan Ngopi Bareng KAI digelar selama dua hari yakni pada 10 dan 11 September 2018.

Khusus di wilayahnya, acara "ngopi bareng" digelar di Stasiun Madiun dan KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Banyuwangi PP.

"Kami menggandeng tujuh barista lokal, yang tergabung dalam komunitas kopi di wilayah Madiun dan sekitarnya. Total kopi yang dibagikan secara gratis mencapai sebanyak 1.250 cangkir kopi," kata Sulthon.

Menurut dia, kopi-kopi yang dibagikan gratis tersebut terdiri atas berbagai macam jenis yang dihasilkan oleh petani di Indonesia juga wilayah Madiun, Ngawi, dan Ponorogo.

Di antaranya Kopi Toraja arabika, Kopi Lampung robusta, Gayo, dan masih banyak lagi. Kemudian kopi lokal wilayah Madiun dan sekitarnya antara lain, arabica Ngawi, robusta Ngawi, kopi jengki, ekselsa Selondo, Ngrayun, dan Hargokiloso Ponorogo.

Sulthon mengatakan, masyarakat dan pengguna jasa KA yang ingin mendapatkan kopi gratis ini, cukup menunjukkan aplikasi KAI Access, yang sudah terinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas di area festival di Stasiun Madiun dan di KA Wijayakusuma.

Secara nasional kegiatan Ngopi Bareng KAI digelar di 15 stasiun di 12 kota dan 36 nama KA. Stasiun-stasiun selain Madiun yang menggelar kegiatan tersebut adalah Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bandung, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Solo Balapan, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, dan Jember.

"Total secara keseluruhan ada sebanyak 50.000 cup yang disediakan dan dibagikan dalam gelaran Festival Ngopi Bareng KAI tersebut," kata dia.

Sulthon menambahkan, kegiatan Ngopi Bareng KAI saat ini merupakan yang kali kedua, setelah sebelumnya digelar awal 2018. Kali ini dilakukan dalam rangkaian memperingati HUT ke-73 KA.

"Banyaknya jumlah kopi yang disajikan KAI untuk masyarakat tersebut, mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai Pemrakarsa dan Penyelenggaraan Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun,” katanya.

Secara nasional, kegiatan Ngopi Bareng KAI dibuka oleh Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, di Loko Cafe di area Stasiun Yogyakarta.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan juga memberikan edukasi serta wawasan seputar kopi nusantara, sehingga mampu meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia di masyarakat luas. (Antaranews.com)

Editor : Sotyati

Back to Home