Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 21:48 WIB | Jumat, 28 November 2014

Garuda Senior Menangis, Gagal Lolos AFF 2014

Tim nasional Indonesia senior. (Foto: ligaindonesia.co.id)

HANOI, SATUHARAPAN.COM – Indonesia gagal lolos ke babak semi final Piala Piala Asean Football Federation (AFF) 2014 walau membantai Laos dengan skor 5-1, pada laga yang digelar Jumat (28/11) malam WIB di Stadion Hang Day, Hanoi.

Indonesia berada di peringkat ketiga Grup A dengan nilai 1, sementara Vietnam dan Filipina melaju ke semi final karena berada di peringkat pertama dan kedua grup.

Indonesia mendapat peluang pertama mencetak gol lewat penyerang yang bermain di Arema Chronous Christian Gonzales. Tendangan penyerang kelahiran Uruguay tersebut melenceng dari gawang Laos yang dikawal Map Sumvang.

Indonesia tidak membutuhkan waktu lama bersedih karena tiga menit kemudian Evan Dimas Darmono mencetak gol sehingga mengubah kedudukan 1-0 bagi keunggulan Indonesia.

Supardi Natsir yang biasa bermain di sisi sayap kanan saat memperkuat Persib, dalam laga ini ia bergeser ke sisi kiri penyerangan Indonesia hasilnya berlangsung baik, karena semenit kemudian Indonesia menambah gol dari salah satu gelandangnya, Ramdani Lestaluhu memanfaatkan sodoran Christian Gonzales.

Walau unggul 2-0, Indonesia di bawah asuhan pelatih Alfred Riedl bernasib sial, menit ke-27 bek kanan Supardi diganjar kartu merah karena menjatuhkan Khampheng Sayavutthi di kotak penalti hasilnya penalti bagi Laos. Alhasil, Sayavutthi memperkecil kedudukan menjadi 2-1 bagi Laos lewat eksekusi penalti.

Hanya bermain dengan sepuluh orang tidak menciutkan semangat Indonesia, buktinya babak kedua semakin mengganas setelah kerja sama Evan Dimas dan rekannya, Ramdani Lestaluhu berbuah manis karena menghasilkan gol ketiga bagi Indonesia yang dicetak Ramdani.

Pada menit ke-81, Indonesia memperbesar keunggulan lagi menjadi 4-1. Umpan silang dari kanan yang dilepaskan oleh M. Ridwan disambut oleh Zulham Zamrun dengan sepakan kaki kiri. Umpan dari pemain pengganti diselesaikan menjadi gol oleh pemain pengganti lainnya.

Indonesia semakin menjauh dan memimpin dengan skor 5-1 atas Laos di menit ke-88. Gol kelima Indonesia tercipta lewat gol bunuh diri bek Laos, Ketsada Souksavanh.

Susunan Pemain

Indonesia: Made Wirawan, Zulkifli Syukur, Ahmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Manahati Lestusen, Hariono, Boaz Solossa, Evan Dimas, Ramdani Lestaluhu, Cristian Gonzales.

Laos: S. Somvang, K. Souksavanh, B. Sipasong, S. Phommapanya, S. Khounsamnan, K. Sihavong, P. Phommasane, S. Vongchiengkham, V. Sayyabounsou, K. Liththideth, K. Sayavutthi. (goal.com/ligaindonesia.co.id)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home