Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 16:10 WIB | Senin, 16 September 2013

GBKP Bangun Posko untuk Pengungsi Gunung Sinabung

GBKP Bangun Posko untuk Pengungsi Gunung Sinabung
Para pengungsi tinggal di aula akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo. (foto-foto: gbkp.or.id)
GBKP Bangun Posko untuk Pengungsi Gunung Sinabung
Pengungsi tinggal sementara di tenda.
GBKP Bangun Posko untuk Pengungsi Gunung Sinabung
Dapur umum yang dikelola GBKP.

KABANJAHE, SATUHARAPAN.COM – Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) menyediakan posko bagi warga yang mengungsi akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Posko GBKP bertempat di Kantor Klasis Kabanjahe dan menampung 547 orang (16 lansia, 53 balita, serta 488 pengungsi usia enam tahun ke atas).

Posko-posko lain  dibangun  di Gedung KA-KR GBKP Regional Kabanjahe Kota untuk 300 orang, Gedung Serba Guna GBKP Regional Kabanjahe Kota untuk 220 orang, PPWG GBKP Kabanjahe untuk 86 orang, GBKP Regional Simpang Enam untuk 30 orang dan Alpha Omega untuk 20 Orang.

Posko itu menyediakan tempat tinggal sementara, dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pengungsi, pengadaan logistic, dan klinik kesehatan.

Gunuing Sinabung (ketinggian 2.600 meter dari permukaan laut / dpl) hari Minggu (15/9) sekitar pukul 03.00 pagi meletus. Sekitar 4.000 warga Kecamatan Naman Teran, yakni Desa Bekerah, Desa Simacem dan Desa Sigorong-gorong terpaksa mengungsi.

Sejauh ini Gunung Sinabung masih menunjukkan aktivitas gempa vulkanik dan menimbulkan hujan abu vulkanik yang berbahaya bagi kesehatan. Pada Agustus 2010 gunung ini sempat meletus dan sejak itu dimasukkan dalam kategori gunung api aktif tipe A. (bnpb.go.id / gbkp.or.id)

Editor : Sabar Subekti

HUT BPK Penabur