Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:25 WIB | Rabu, 25 Juli 2018

Gelombang Panas Menyebar ke Seluruh Dunia

Ilustrasi. Kebakaran hutan yang hebat terjadi di Yunani menewaskan 74 orang. (Foto: malaysiandigest.com)

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Jepang bukanlah satu-satunya negara yang menderita dari panas menyengat. Korea Selatan juga mengalami suhu udara tertinggi, sementara gelombang panas melanda negara-negara Eropa dan Amerika Serikat (AS), mengakibatkan kekeringan dan berbagai konsekuensi lain.

Di Korea Selatan, suhu tertinggi Senin (23/7) siang hari mencapai 39,9 derajat celsius di Provinsi Gyeongsang Utara yang berada di selatan negara itu. Sementara di Seoul mencapai 35,7 derajat. Suhu terendah malam hari di Seoul adalah 29,2 derajat, yaitu yang tertinggi selama periode ini semenjak dimulainya pencatatan.

Media Korea Selatan mengatakan, sebagian jalur kereta menjadi panas lebih dari 60 derajat. Kecepatan dibatasi di bawah 70 km/jam demi keselamatan.

Hari-hari panas yang merusak juga terus berlanjut, di bagian barat dan selatan AS. Suhu mencapai 52 derajat celsius di Death Valley, California, pada Mingu (8/7).

Panas yang kuat juga mengakibatkan kebakaran hutan. Di Yunani, dua kebakaran hutan yang terjadi pada hari Senin (23/07) di dekat ibu kota Athena, telah menewaskan setidaknya 50 orang. Pemerintah Yunani mengatakan lebih dari 100 orang, termasuk anak-anak, mengalami cedera. (nhk.or.jp)

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home