Loading...
DUNIA
Penulis: Dany Brakha 11:12 WIB | Minggu, 21 April 2013

Gempa 6,6 Skala Richter Guncang Propinsi Sinchuan Cina

Foto: Earthquake-report

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter menguncang Propinsi Sinchuan Barat Daya Cina. Berdasarkan laporan Earthquake-report, gempa tersebut diperkirakan menelan 56 korban jiwa dan sekitar 600 orang luka-luka. Korban jiwa sebagian besar berasal dari Lushan, Sabtu (20/04).

Kondisi saat ini sarana air minum rusak dan listrik padam serta banyank bangunan yang roboh. “Kami sangat sibuk, ini ada delapan atau sembilang orang terluka yang membutuhkan pertolongan” kata seorang dokter yang diketahui bermarga Liu. Pihak rumah sakit yang menangani korban tersebut berusaha fokus pada penanganan luka di kepala dan kaki. Sementara itu para penyelamat berhasil menolong 27 orang yang terjebak reruntuhan.

Seperti yang di lansir oleh Badan Surve Geologi Amerika Serikat, gempa itu diperkirana terjadi pada pukul 8.02 pagi waktu setempat Kota Ya'an, Kabupaten Lushan. Episentrum gempa diperkirakan 12 km dibawah permukaan laut. Layanan Sina Weibo microblogging turut melaporkan bahwa gempa besar kali ini juga dirasakan oleh propinsi yaitu Chengdu.

Presiden Xi Jinping menyatakan “upaya penyelamatan korban terus dilakukan, terutama untuk meminimalkan jumlah korban”. Tambah juru bicara pemerintah, “saat ini Presiden dan Menteri Li Keqiang sedang melakukan perjalanan menuju Ya’an”. Sekitar 2000 tentara dan kendaraan darurat juga dikerahkan untuk mengevakuasi korban.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home