Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 19:28 WIB | Selasa, 21 Oktober 2014

Gereja Amerika Latin Berkontribusi Bagi Perdamaian

Pdt. Dr. Olav Fykse Tveit, Sekretaris Umum Dewan Gereja se-Dunia. (Foto: christianpost.com).

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Pdt. Dr. Olav Fykse Tveit, Sekretaris Umum Dewan Gereja se-Dunia, mengatakan dua gereja di Amerika Latin berkontribusi bagi perdamaian.

Sebagaimana yang tertuang pada pernyataan resmi DGD (World Council of Churches/WCC), pada Selasa (21/10), di Jenewa dua gereja tersebut adalah Gereja Injili dari River Plate (iERP) di Argentina dan Gereja Evangelical Lutheran Confession Brasil (IECLB).

Dua gereja tersebut menyelenggarakan pemilihan kepemimpinan untuk merefleksikan isu-isu keragaman, persekutuan dan tantangan yang ditimbulkan oleh konteks kehidupan perkotaan.  

"Gereja Anda telah bekerja sama kuat dengan gerakan ekumenis global melalui karya pendeta Anda. Kolaborasi ini merupakan keanekaragaman,” kata Tveit.  Keanekaragaman tersebut merupakan bagian dari "ziarah keadilan dan perdamaian."

Gereja yang terletak di Argentina tersebut menyelenggarakan pemilihan tersebut pada Sidang Majelis Umum yang diselenggarakan Kamis (9/10) hingga Minggu (12/10) lalu di Tres Arroyos, Argentina.

Acara ini penting karena dihadiri oleh 160 delegasi dari Argentina, Uruguay dan Paraguay, dan bertepatan dengan perayaan 30 tahun tahbisan pertama seorang perempuan di Sinode iERP untuk pelayanan pastoral.

Sementara itu Pdt. Anders Wejryd, Uskup Gereja Swedia mengomentari tentang IECLB yang memberikan masukan dan pengalaman mereka bekerja untuk jemaat kecil di kota-kota besar dalam pemilihan yang berlangsung Rabu (15/10) hingga Minggu (19/10) lalu.

"Tidak ada kehidupan nyata apabila kita tidak hidup dalam persekutuan. Hal ini dengan kata lain kita dapat berarti bagi orang lain apabila kita menjadi satu dengan Tuhan,”  kata Pdt. Dr. Anders Wejryd.

Wejryd mengatakan saling ketergantungan sebagai aspek kunci dari kehidupan modern.  (oikoumene.org).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home