Loading...
EKONOMI
Penulis: Tya Bilanhar 10:27 WIB | Jumat, 24 November 2017

Gereja dan Bisnis Orang Kristen Berkembang Pesat di Vietnam

Sebuah acara ibadah umat Kristen di Ho Chi Minh City (Foto: CBN News)

HO CHI MINH CITY, SATUHARAPAN.COM - Vietnam sekarang menjadi salah satu negara dengan ekonomi ekspor terbesar di dunia dan Amerika Serikat merupakan salah satu mitra utamanya.

Bisnis real estat lokal juga sedang booming dan modernisasi ada dimana-mana di negara komunis itu.

CBN News mengunjungi kota Ho Chi Minh delapan tahun lalu. Saat itu, nyaris tidak ada mobil di jalan. Orang mengandalkan sepeda motor dan sepeda untuk transportasi. Tapi hari ini, jalanan macet oleh lalu lintas kendaraan. Banyak gedung dibangun, dan konstruksi lainnya sedang berlangsung. Jenis aktivitas ini menunjukkan perkembangan pesat yang terjadi di semua kota di Vietnam.

Bukan hanya bisnis yang booming di Vietnam, gereja juga berkembang pesat. Ribuan orang Kristen dari lebih dari 50 denominasi menghadiri perayaan 500 Tahun Reformasi Protestan yang baru-baru ini diadakan di Ho Chi Minh City.

Pendeta Daniel Pham dari United Gospel Outreach Church mengatakan acara tersebut sangat berhasil karena menampilkan persatuan di antara berbagai gereja. Ini juga merupakan bukti meningkatnya jumlah orang Vietnam yang telah memeluk agama Kristen.

"Kekristenan mengubah kehidupan masyarakat dan orang lain melihatnya. Faktor lainnya adalah gereja sekarang lebih banyak terlibat di masyarakat, "kata Pham.

Bisnis orang Kristen juga tumbuh dan berbagi keuntungan dengan gereja-gereja lokal.

Salah satu contohnya adalah kedai kopi Cafe Fresco. Ini dimiliki oleh seorang pengusaha Vietnam yang sukses.

George Vo, manajer toko, bercerita bagaimana bisnis itu tumbuh setelah pemiliknya mengabdikan diri pada pekerjaan Tuhan. Ini dimulai dengan lima gerobak kopi yang menjual kopi di pinggir jalan.

"Ketika menjadi sukses, pemiliknya memutuskan untuk membangun kedai kopi agar lebih banyak orang bisa menikmati kopinya. Tapi dia juga membuat komitmen untuk memberikan semua keuntungan bersih dari bisnis demi kemajuan Kerajaan Allah, "kata Vo kepada CBN News.

"Dan memberkati Fresco Cafe. Kami membuka cabang lain dan Tuhan terus memberkati bukan hanya bisnis kita tapi juga hidup kita," katanya.

Tantangan untuk memiliki komitmen semacam ini terhadap Injil dibuat oleh salah satu pemimpin kunci Vietnam pada masa ulang tahun Reformasi.

Dr. Duc Nguyen mengabdikan hidupnya untuk mempromosikan persatuan di antara gereja-gereja di seluruh dunia. Dia mengatakan bahwa penting bagi orang Kristen untuk saling mengasihi, sehingga orang lebih mudah mempercayai Injil.

Pesannya memiliki dampak yang jauh lebih besar kepada orang Kristen di negara itu ketika dua hari setelah kejadian tersebut, dia tiba-tiba meninggal karena serangan jantung.

"Dia senang karena dia berkata 'Impian saya adalah melihat gereja memiliki kesatuan,'" Pham menjelaskan. "Banyak orang mengatakan kepadanya, 'Saya ingin mengikuti hidup Anda.' Saya pikir dia memiliki kehidupan yang sangat berarti. Dia memenuhi mimpinya sebelum dia pergi bersama Tuhan. "

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home