Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 10:16 WIB | Selasa, 23 Juni 2015

Gereja Dibakar, Peziarah Kristen Batalkan Kunjungi Israel

Gereja Lima Roti Dua Ikan di Tagbha, Israel selain dibakar juga ditulisi kalimat "berhala akan dihapuskan" dengan huruf Ibrani. (Foto: Departemen Pemadam Kebakaran Israel)

GALILEA, SATUHARAPAN.COM – Pembakaran Gereja Lima Roti Dua Ikan menimbulkan kerugian ekonomi. Kerusakan mencapai jutaan shekel (mata uang Israel), penasihat Gereja Katolik di Israel mengungkapkan.

Sejumlah kelompok peziarah Kristen sedang mempertimbangkan membatalkan rencana mereka untuk tiba di Israel setelah diduga serangan pembakaran terhadap Gereja Roti dan Ikan di tepi Danau Galilea di Israel utara, penasihat senior Gereja Katolik, Kamis (18/6).

Gereja bertembok batu kapur ini terletak di pantai barat laut dari danau Galilea. Gereja ini dibangun pada tahun 1980 dan di bawah pengelolaan Ordo Benediktus. Gereja baru ini dibangun di lokasi gereja abad ke-4 dan ke-5 untuk mengenang mukjizat Yesus memberi makan 5.000 orang dengan lima roti dan dua ikan.

Juru bicara polisi Micky Rosenfeld mengatakan grafiti Ibrani yang mencela penyembahan berhala telah ditemukan di gereja, polisi dan penyidik ​​layanan api yang mengarah ke menduga bahwa api telah ditetapkan sengaja. Seorang juru bicara polisi mengatakan Kamis sore bahwa beberapa anak di bawah umur (16 tahun) yang ditahan untuk penyelidikan keterlibatan potensial mereka dalam pembakaran. Namun, mereka kemudian dibebaskan tanpa tuduhan.

Wadia Abu Nasser, seorang penasihat senior Gereja Katolik di Israel, mengecam kejahatan kebencian dicurigai dan menyarankan itu akan menghalangi peziarah Kristen dari mengunjungi, menyebabkan kerusakan ekonomi juga.

“Kejadian ini benar-benar menyakiti kami. Otoritas keamanan dan pendidikan Israel harus mengambil tindakan,” katanya. “Kerusakan itu dalam jutaan shekel.” (miliaran rupiah, Red)

Namun, Nasser mengatakan kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh pembakaran ini tidak sebanding dengan penderitaan mental.

“Ada puluhan serangan terhadap tempat-tempat suci di Israel. Pembakar gereja ini lebih dari satu orang. Ada kebencian yang lain di sini dan kurangnya rasa hormat,” ia menambahkan.

Puluhan penangkapan telah dilakukan dalam kasus-kasus seperti di masa lalu, tetapi hanya sedikit yang masuk ke pengadilan dan menghadapi dakwaan. Sebab, polisi dan jaksa mengakui karena usia muda banyak pelaku diampuni pengadilan.

Teknisi Biara, Walid Harij, memiliki pesan koeksistensi menanggapi serangan itu, “Penghuni biara percaya bahwa kita tidak dipaksa untuk hidup bersama, kita ingin hidup bersama dan kami tidak akan mengizinkan kelompok kecil fanatik mengganggu ini hidup damai antara kedua bangsa negeri ini. Kami akan memperbaiki tempat kami dan akan melakukannya bahkan mungkin terlihat lebih baik. Cedera akan selalu—bahwa apa yang terjadi adalah—hal yang mengerikan bagi kami, tapi kami akan mengatasi,” katanya.

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home