Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 15:01 WIB | Selasa, 26 Agustus 2014

Gereja Lutheran Ajak Hormati Tempat Suci Agama-agama

Sebuah contoh kesepakatan untuk menghormati tempat suci di Kanada antara penduduk awal, gereja Lutheran dan Menonit.
Tempat suci beberapa agama di Jerusalem. (Foto: dari LWI)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM -  Dewan  Federasi Gereja Lutheran World (LWF / Lutheran World Federation)  mengesahkan Kode Etik Universal untuk Situs Suci. Dokumen ini dikembangkan dalam konsultasi dengan para pemimpin agama dan para ahli dari banyak agama utama di dunia tentang sepuluh  ketentuan mengenai pembentukan, pelestarian, akses dan pencegahan konflik di seluruh situs keagamaan di seluruh dunia.

Rekomendasi tersebut meliputi penanganan situs suci untuk agama yang berbeda serta kasus pengambilalihan dan nasionalisasi. Dewan itu juga mendorong gereja-gereja anggota untuk mendukung inisiatif dalam konteks mereka masing-masing dan menyerukan PBB untuk mengadopsi hal itu menjadi resolusi PBB.

Penerapan Pernyataan ini diprakarsai oleh Presiden LWF, Uskup Dr Munib A. Younan.  "Kami terus menyaksikan banyak tempat suci di seluruh dunia diserang karena alasan politik dan agama," kata Younan, yang juga Uskup Gereja Lutheran Injili di Yordania dan Tanah Suci.

"Kami kecewa dan bertanya-tanya mengapa tempat-tempat suci ini menjadi target selama konflik. Semua tempat suci harus menjadi tempat untuk ibadah, untuk meditasi, doa, dan untuk semakin dekat kepada Allah yang mengutus kita ke dunia sebagai peziarah keadilan, perdamaian, dan rekonsiliasi," kata dia.

Contoh dari Kanada

Dia memberi contoh tentang situs suci yang digunakan oleh kelompok-kelompok agama yang berbeda, bersama dengan penasihat Dewan, Uskup Cindy Halmarsson, dari sinode Saskatchewan di Kanada.

Selama berabad-abad, provinsi di padang rumput ini dihuni oleh bangsa pertama, seperti Young Chippewayan. Pada tahun 1876, pada saat penandatanganan perjanjian  enam  tanah disisihkan sebagai reservasi, namun karena banyak keadaan, kelompok suku ini tersebar dan mereka menetap di berbagai tempat. Kemudian mereka dibawa kembali oleh pemerintah Kanada dan membuka untuk pemukiman.

Stony Knoll, sebuah bukit yang menghadap dataran dan ladang gandum antara sungai Utara dan Selatan Saskatchewan, telah dijadikan tanah suci untuk Chippewayan Young.  Hal ini memiliki sejarah panjang sebagai tempat di mana orang dari bangsa pertama berkumpul  untuk upacara dan doa.

Ketika tanah itu dikembangkan sebagai pemukiman gereja Lutheran pada akhir abad ke-19, wilayah itu dipilih sebagai tempat yang baik untuk membangun tempat ibadah mereka, gereja dan pemakaman.

Membutuh waktu lebih dari seratus tahun bagi tiga pihak untuk bersama-sama dan menyepakati penggunaan bersama tempat  suci itu bagi mereka semua. Pada tahun 2006 gereja Lutheran, Mennonit dan Young Chippewayan dalam upacara tradisional menandatangani nota kesepahaman.

Sementara suku bangsa pertama berjanji untuk menghormati kepemilikan tanah oleh jemaat-jemaat Kristen, Mennonit dan Lutheran, mereka juga berjanji untuk mendukung klaim berkelanjutan Young Chippewayan untuk kompensasi atas tanah mereka yang hilang pada 130 tahun yang lalu.

Stony Knoll, yang sebelumnya  menjadi tempat sengketa antar-agama, sekarang menyandang kesaksian hubungan antar agama antara Protestan dan suku bangsa awal di Kanada. (LWI)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home