Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 21:50 WIB | Jumat, 25 Juli 2014

Gereja Ortodoks Gaza Tampung Pengungsi Muslim Gaza

Gereja Ortodoks Gaza Tampung Pengungsi Muslim Gaza
Pengungsi Muslim Gaza di Gereja Ortodoks Yunani, Saint Porphyrius. (Foto-foto: AP)
Gereja Ortodoks Gaza Tampung Pengungsi Muslim Gaza
Anak-anak pengungsi muslim Gaza bermain-main di halaman Gereja Ortodoks Yunani, Saint Porphyrius.
Gereja Ortodoks Gaza Tampung Pengungsi Muslim Gaza
Gereja Ortodoks Yunani, Saint Porphyrius masih kekurangan kasur.
Gereja Ortodoks Gaza Tampung Pengungsi Muslim Gaza
Perempuan Muslim pengungsi Gaza di depan Gereja Ortodoks Yunani, Saint Porphyrius.

GAZA CITY, SATUHARAPAN.COM – Sekitar 1.000 Muslim Palestina melarikan diri dari tentara Israel yang menghancurkan lingkungan Gaza. Dan, mereka menemukan tempat berlindung di sebuah gedung seharusnya jarang mereka masuki, Gereja Ortodoks Yunani yang berdiri sejak abad ke-12.

Meskipun dinding tebal gereja tersebut dibangun sejak zaman Perang Salib, Gereja Saint Porphyrius masih cukup aman. Tak lama setelah mereka tiba, pesawat Israel mengebom lapangan di dekatnya, menyebarkan pecahan peluru di gereja dan merusak pemakaman di sekitarnya.

Namun, anak-anak dari distrik Shejaia, tempat 72 warga Palestina—banyak dari mereka perempuan dan anak-anak—tewas dalam pertempuran antara pasukan Israel dan militan Hamas pada Minggu, sibuk bermain sepak bola di halaman gereja, Selasa (22/7).

Ibu mereka menonton di kasur dan kursi plastik yang disediakan oleh gereja, bersama dengan makanan, selimut, dan mainan.

“Kami telah membuka gereja untuk membantu orang. Ini adalah tugas gereja dan kami melakukan semua yang kami bisa untuk membantu mereka,” kata Uskup Agung Alexios kepada Reuters di tengah suara anak-anak kecil menggema di luar kantornya di gereja.

“Pada awalnya ada 600 orang dan hari ini mereka menjadi seribu . Sebagian besar anak-anak dan perempuan. Beberapa dari anak-anak sudah tinggal di sini seminggu,” kata kepala Gereja Ortodoks Yunani Gaza, komunitas Kristen terbesar di wilayah ini.

Hanya ada sekitar 1.400 orang Kristen—Ortodoks, Katolik, dan Protestan—tinggal di antara 1,8 juta umat Islam, yang berarti mereka membuat 0,08 persen dari populasi di Jalur Gaza yang didominasi oleh Hamas, kelompok Islam.

Kehidupan mereka sebagai minoritas agama tidak selalu mudah

Ketika kemudian Paus Benediktus mengutip seorang sarjana abad pertengahan yang menggambarkan Islam sebagai agama penuh kekerasan dan irasional pada 2006, militan tak dikenal menyerang lima gereja di wilayah Palestina, termasuk Saint Porphyrius—meskipun itu Gereja Ortodoks, bukan Katolik.

Tidak Ada Tempat Lain

Para pejabat Palestina, termasuk dari Hamas, mengecam kekerasan itu dan tidak ingin diulang. Semuanya tampak menjauh karena warga Gaza mengulurkan tangan untuk membantu tetangga yang kehilangan rumah mereka dalam dua minggu serangan Israel.

“Masjid dan gereja di dekatnya semua membantu. Kami masih membutuhkan kasur, selimut, makanan dan yang paling penting adalah bensin, karena kami menderita pemadaman. Jika tidak ada listrik kami tidak bisa memiliki air juga,” kata uskup Agung.

Sejak awal serangan, lebih dari 100.000 warga Palestina—sekitar 6 persen dari seluruh penduduk Gaza—telah mencari perlindungan dengan Badan PBB Bantuan dan Pekerjaan (UNRWA), berkerumun ke 70 sekolah, kata organisasi.

Arus pengungsi dari Shejaia di bagian timur Kota Gaza kepada jemaat di wilayah barat daya al-Zaytun mengatakan mereka tidak tahu di mana lagi mereka bisa pergi sekarang.

“Kami telah melarikan diri dari rumah-rumah kami dan datang ke sini dan mereka mengebom gereja. Ke mana kami harus pergi? Biarkan mereka memberi tahu kami di mana kami harus pergi,” desak Jawaher Sukkar, yang melarikan diri bersama anak-anaknya.

Ia menuduh Israel menargetkan warga sipil, katanya, “Tentara Israel mengejar kami karena kami berlari ... bisa Anda bayangkan, seorang anak jatuh tanah dan ibunya tidak bisa berhenti untuk menjemputnya?”

Salah satu alasan yang mungkin untuk penembakan dekat dengan gereja adalah bahwa militer Israel yakin militan telah menggunakan pemakaman untuk meluncurkan roket yang ditembakkan di kota dan untuk menyembunyikan persenjataan.

Meskipun di tengah kepadatan penduduk dan bahaya, Alexios mengatakan telah ada beberapa sukacita di gereja di tengah-tengah tragedi.

“Kemarin, seorang wanita melahirkan bayi, kehidupan baru. Manusia harus berharap. Ada kematian tetapi juga ada kehidupan juga,” katanya sambil tersenyum. (huffingtonpost.com)

Kiprah Orang Kristen di Timur Tengah dapat Anda baca juga di artikel berikut:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home