Loading...
INDONESIA
Penulis: Tya Bilanhar 18:53 WIB | Kamis, 17 Agustus 2017

GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia Diundang Hadiri Upacara di Istana

Ilustrasi. Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden ke-6 SBY dalam acara Peringatan HUT ke-72 RI, di Istana Merdeka, Jakarta ( Foto: Humas/OJI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - GKI Yasmin Bogor dan HKBP Filadelfia Bekasi, dua gereja yang selama bertahun-tahun, dan sampai saat ini, ditutup secara ilegal meski memiliki perizinan yang dipersyaratkan karena tekanan kelompok intoleran, diundang untuk menghadiri Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2017. 

Juru Bicara GKI Yasmin, Bonar Sigalingging, dalam keterangan tertulisnya mengatakan undangan diperoleh dari Kantor Kepala Staf Presiden (KSP). 

Menanggapi undangan tersebut, GKI Yasmin memutuskan mengutus Tomas Wadu Dara sebagai wakil sedangkan HKBP Filadelfia diwakili oleh  Ardus Simanjuntak.

"Kami mengapresiasi undangan yang kami terima. Surprise juga. Namun semoga undangan ini bukan pengganti ditutupnya gereja kami. Merayakan keberagaman dengan mengundang kami yang terpinggirkan adalah satu hal yang patut diapresiasi namun di lapangan, penghargaan keberagaman itu akan nyata saat semua warga negara tanpa kecuali dapat beribadah merdeka di rumah ibadahnya masing-masing termasuk jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia. Kami masih menanti dibukanya gereja GKI Yasmin dan HkBP Filadelfia oleh Pak Presiden Joko Widodo," kata Bona Sigalingging.

Menurut siaran pers GKI Yasmin, akibat tindak intoleransi yang menahun ini, sejak Februari 2012 hingga saat ini, jemaat GKI Yasmin dan HKBP Fikadelfia beribadah di seberang Istana Merdeka Jakarta setiap dua minggu sekali. 

"Dua gereja ini bahkan punya putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap yang menyatakan sahnya perizinan pembangunan gereja. Namun pemda tunduk pada tekanan kelompok intoleran dan pemerintah pusat masih belum mengkoreksi pembangkangan hukum yang dilakukan Pemkot Bogor dan Pemkab Bekasi," kata Bona.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home