Loading...
SAINS
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 20:25 WIB | Kamis, 27 Juni 2013

Global Exploration 2013, Kegiatan Siswa SMA Belanda dan Indonesia

Global Exploration (dok: Tania Kencana Putri)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – DeTara Foundation bekerjasama dengan Yayasan Global Exploration atau Stichting Global Exploration  dari Belanda, kembali menggelar program Global Exploration (GE). GE adalah program yang mendorong peran aktif generasi muda untuk bekerjasama memperbaiki lingkungan, menjaga persahabatan global dan menghormati antar budaya.

GE 2013 mengambil tema Learning from the Village: Weaving Social Interaction for Our Better Society and Environment. Kegiatan ini akan dilaksanakan di beberapa tempat di Bogor seperti, Kebun Raya Bogor, Perkebunan teh Cianten dan sekitar  Kecamatan Leuwiliang. Program ini diadakan tanggal 23 Juni – 1 Juli 2013.

GE 2013 merupakan kegiatan bersama antara siswa SMA Belanda dengan siswa SMA/SMK/MA Indonesia. Bertujuan untuk, mengenalkan kekayaan keragaman hayati Indonesia, berbagi pengetahuan dan pengalaman dari sisi budaya dan kondisi lingkungan, menjalin interaksi sosial dan budaya antara generasi muda untuk mendorong masyarakat yang lebih baik dimasa sekarang dan mendatang. Tahun ini GE diikuti oleh 24 peserta dari Belanda dan 10 peserta dari Indonesia.

Sejak tahun 2011, penyelenggaraan program GE di Indonesia meliputi empat wilayah. Yaitu, Bogor, Bandung, Yogyakarta dan Singkawang, Kalimantan Tengah. Di masing – masing daerah diselenggarakan beragam kegiatan saling bertukar seni budaya dan aksi lingkungan. Seperti membersihkan sungai, pendidikan lingkungan hidup, pendidikan sanitasi, dan kerja sosial.

Kerja sosial ini antara lain, membuat perpusatakan mini atau book buddy, ikut memperbaiki fasilitas pendidikan dan kesehatan, observasi ke kawasan konservasi, daerah perkebunan, wisata alam dan budaya, serta wisata edukasi lainnya di wilayah Indonesia. Selain itu juga belajar dan berinteraksi langsung dengan masyarakat, melalui bertani dan belajar dari kehidupan masyarakat yang dikunjungi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home