Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 08:58 WIB | Senin, 23 Januari 2017

GMKI Ingin Trump Ikuti Sikap Paus Terkait Palestina

Ilustrasi. Presiden Palestina Mahmud Abbas bertukar cinderamata dengan Paus Fransiskus di Vatikan pada 14 Januari 2017. (Foto: AFP)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)  menginginkan Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru, Donald Trump agar menunjukkan sikap yang sama seperti yang ditunjukan Paus Fransiskus dalam menyikapi Palestina.

“Sebaiknya negara-negara di dunia, termasuk Amerika Serikat (AS) tidak membuat kebijakan politik luar negeri yang bertentangan dengan kebijakan solusi dua negara agar tidak memperkeruh proses diplomasi yang sudah berjalan selama ini,” kata Ketua Umum GMKI, Sahat Martin Philip Sinurat, dalam rilis yang diterima satuharapan.com, hari Senin (23/1).

Dia menjelaskan sikap yang ditunjukkan pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus yang berani menggalang kerja sama dengan Palestina yakni dengan pembukaan kedutaan besar Palestina secara resmi di Vatikan.

“Dibukanya Kedubes Palestina secara resmi di Vatikan menunjukkan sikap Paus Fransiskus yang mengakui negara Palestina dan mendukung kebijakan two state solution sebagai jalan terbaik bagi perdamaian kedua negara,” kata dia.

Dia mengemukakan GMKI memandang kebijakan Vatikan menunjukkan bahwa konflik Israel-Palestina bukanlah konflik agama melainkan persoalan perdamaian dan kedaulatan negara. “Oleh karena itu, semua pemimpin negara dunia perlu belajar dari sikap yang dilakukan Paus,” kata dia.

GMKI akan terus mendukung kebijakan yang ditempuh pemerintah yang memiliki garis politik luar negerinya seperti yg tertuang di pembukaan UUD 1945, harus terlibat aktif dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina dengan cara damai, karena kemerdekaan dan perdamaian adalah hak setiap bangsa yang harus diperjuangkan.

“Adalah penting bagi masyarakat dunia untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina dengan cara damai, sehingga pemerintah Palestina dapat fokus memikirkan bagaimana terciptanya keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Palestina,” kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home