Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:57 WIB | Selasa, 24 November 2015

GMMP: Tidak Ada Kesetaraan Perempuan Laki-laki di Media

Dr Isabel Apawo Phiri, Wasekum Dewan Gereja Dunia. (Foto: WCC)

SATUHARAPAN.COM – Tidak ada perkembangan menuju kesetaraan laki-laki dan perempuan di media massa Ini adalah hasil baru dirilis dari Proyek Pemantauan Media Global (Global Media Monitoring Project/GMMP).

Penelitian di 114 negara lebih dari 20 tahun mengungkapkan kesenjangan yang parah yang sedang berlangsung antara keterwakilan perempuan dan laki-laki di media, menunjukkan bahwa penggambaran perempuan dalam sehari-hari dalam jurnalisme tidak mencerminkan kontribusi mereka kepada masyarakat. Penelitian kelima dan terbesar dari GMMP ini menjadi penggambaran dan keterwakilan perempuan di media.

Temuan menunjukkan bahwa, di seluruh dunia, perempuan membuat sekitar 50% dari populasi umum tetapi hanya 24% dari orang-orang yang mendengar, membaca, atau melihat di koran, televisi dan radio berita tentang perempuan—persis tingkat yang sama dengan yang ditemukan dalam laporan 2010.

Terlewatnya perempuan di media berita tradisional juga telah menyeberang ke platform berita digital. Hanya 26% dari orang-orang di berita internet dan media berita “tweets” gabungan adalah perempuan.

“Laporan GMMP 2015 memeriksa visibilitas, ucapan, dan penyebutan perempuan dan laki-laki di media berita dan menemukan seksisme yang telah bertahan di dekade dan batas-batas geografis, beradaptasi dengan muncul bentuk media dan berkembang di semua ruang dengan konten berita diproduksi dan dibagi, “kata Dr Sarah Macharia, koordinator global GMMP.

Keluarga ekumenis memiliki peran penting dalam memperkuat komitmen seluruh dunia untuk kesetaraan bagi perempuan di media berita, kata Dr Isabel Apawo Phiri, Wakil Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC). “Laporan GMMP menunjukkan bahwa ini adalah jenis percakapan yang harus kita miliki saat ziarah keadilan dan perdamaian.”

Menyerukan Diakhirinya Media Seksisme

Laporan ini juga menemukan bahwa, secara keseluruhan, perempuan masih lebih dari dua kali dibandingkan laki-laki dipotret sebagai korban. Sama dengan hasil penelitian satu dekade lalu. Dengan nilai 16 persen dibanding 8 persen.

Temuan ini menunjukkan bahwa ada diskriminasi global untuk wartawan perempuan. Dengan hanya 37 persen berita dilaporkan oleh perempuan, sama seperti satu dekade lalu.

Mengingat temuan ini, Asosiasi Dunia untuk Komunikasi Kristiani (World Association for Christian Communication/WACC) dan koordinator GMMP yang menyerukan untuk mengakhiri media yang seksisme pada tahun 2020.

Phiri menambahkan suara WCC untuk panggilan itu. “Doa dan harapan kami adalah bahwa, pada saat kita mencapai 2021, di Sidang ke-11 WCC, kita akan membaca laporan yang menunjukkan media berita telah mengadopsi visi yang lebih luas kesetaraan dan inklusi,” kata Phiri. “Dengan bimbingan Roh Kudus, bersama-sama kita dapat mengubah media untuk membuat wanita lebih terlihat.”

GMMP merupakan proyek dari WACC, dengan dukungan dari Badan PBB untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women). Survei tersebut pertama penggambaran gender dalam media dilakukan pada tahun 1995, dan pada interval lima tahun setelah itu. GMMP 2015 adalah inisiatif riset dan advokasi terbesar di dunia tentang kesetaraan gender dalam dan melalui berita. (oikoumene.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home