Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 06:06 WIB | Jumat, 09 September 2016

Godek Mintorogo Gelar Pameran Tunggal di Rumah Seni Sidoarum

Godek Mintorogo Gelar Pameran Tunggal di Rumah Seni Sidoarum
Ilustrasi poster Pameran Tunggal Godek Mintorogo bertajuk Remember di Rumah Seni Sidoarum (RSS), 9-16 September 2016. (Foto: Dok. RSS)
Godek Mintorogo Gelar Pameran Tunggal di Rumah Seni Sidoarum
Godek Mintorogo, perupa beraliran realisme naif saat persiapan pameran tunggal bertajuk Remember di Rumah Seni Sidoarum, Kamis (8/9). (Foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Empat belas lukisan potret menghiasi Rumah Seni Sidoarum (RSS) yang berada di dusun Krapyak Sidoarum, Godean-Sleman. Ditemui satuharapan.com Kamis (8/9) Godek Mintorogo menjelaskan bahwa keempatbelas lukisannya tersebut akan dipamerkan di RSS 9-16 September 2016 dengan mengusung tajuk Remember.

"(Pameran) ini semacam mengenang kembali perjalanan berkesenian saya. Mengenang mereka yang telah berjasa bagi dunia. Saya memulai dari (potret) simbok saya. Itulah titik mula (kehadiran) saya di dunia nyata dan dunia seni," kata Godek menjelaskan tentang tajuk pamerannya. Lukisan dengan judul Remember#9 merupakan lukisan potret diri ibunya yang menginspirasi untuk membuat lukisan potret-potret tokoh dunia.

Pameran lukisan Remember merupakan pameran tunggal kedua bagi Godek. Sebelumnya pada 7-20 Maret 2014 Godek menggelar pameran tunggal bertajuk man jadda wajada di Tembi Rumah Budaya, Bantul.

Dalam catatan kuratorialnya, kurator yang sekaligus akan membuka pameran Remember Yaksa Agus pada 9 September 2016 memberikan gambaran bagaimana Godek berupaya menganyam ingatan-ingatannya tentang apa yang tekah dicatat, dibaca, dipelajari, dan diteladaninya. Perjalanan tersebut dituangkan dalam karya potret.

Setelah potret simbok, Godek memulai dengan potret Remember#1 berupa lukisan potret pelukis masa lampau Emiria Sunasa dilanjutkan dengan potret Frida Kahlo. Godek mencoba menggugah ingatan dengan potret tokoh lainnya semisal Sunan Kalijaga, Raden Saleh, Dullah, Van Gogh, hingga Presiden RI keempat Gus Dur.

Godek Mintorogo, perupa kelahiran Bantul 5 September 1978 mulai berkarya sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta dalam pameran bersama tahun 1997. Pelukis beraliran realisme naif yang lebih sering menggunakan warna-warna pastel hingga saat ini telah sering melakukan pameran bersama.

Pameran lukisan Remember yang dibuka setiap hari akan berlangsung dari 9 hingga 16 September 2016.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home