Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:49 WIB | Senin, 07 Januari 2019

Golden Globe 2019: Film “Bohemian Rhapsody” Sabet Dua Penghargaan

Aktor Rami Malek (tengah), yang memainkan karakter Freddie Mercury dalam film "Bohemian Rhapsody", bergambar bersama anggota grup band Queen yang masih ada, gitaris Brian May dan drummer Roger Taylor, seusai menerima Penghargaan Golden Globe untuk kategori ktor terbaik, di Beverly Hills, California, Amerika Serikat, 7 Januari 2019. (Foto: Google News-Overview)

BEVERLY HILLS, SATUHARAPAN.COM – Film biopik Freddie Mercury, Bohemian Rhapsody, berhasil menyabet dua penghargaan dalam ajang Golden Globe Awards.

Penghargaan Golden Globe adalah penghargaan untuk film dan program televisi Amerika Serikat, yang diberikan setiap tahun dalam sebuah acara makan malam resmi. Penghargaan Golden Globe diberikan oleh 93 anggota Hollywood Foreign Press Association (HFPA) untuk memberikan penghargaan bagi yang terbaik dalam film dan televisi, baik domestik maupun asing.

Film biopik Bohemian Rhapsody memenangkan penghargaan untuk kategori film drama terbaik dan aktor terbaik untuk pemeran utamanya, Rami Malek, yang memerankan Mercury.

Sementara itu, meski sempat dinominasikan untuk lima penghargaan, film A Star Is Born hanya berhasil memenangkan satu piala - untuk kategori soundtrack terbaik.

Sorotan malam itu juga tertuju pada film Green Book yang memenangkan tiga piala untuk kategori film musikal dan komedi terbaik, skenario terbaik dan pemeran pembantu terbaik. Penghargaan pemeran pembantu terbaik dimenangkan oleh aktor Mahershala Ali.

Film yang menggunakan latar tahun 1960-an itu menampilkan aktor Viggo Mortensen. Film ini bercerita tentang musisi keturunan Afrika-Amerika yang menyewa sopir Italia-Amerika untuk mengantarnya tur ke kawasan selatan AS.

Kemenangan film ini di Golden Globe menandai bahwa film ini akan menjadi salah satu film favorit untuk penghargaan Oscar bulan depan.

Mendedikasikan Penghargaan untuk Mercury

Film Bohemian Rhapsody memenangkan beberapa penghargaan meski beberapa pihak mengkritiknya. Produksi film ini juga sempat mengalami berbagai masalah.

Sutradara asli film ini Bryan Singer dipecat dari film ini karena tingkah lakunya. Dia juga dilaporkan berkonflik dengan Malek saat proses syuting. Dexter Fletcher kemudian diminta untuk menyelesaikan film ini.

Film ini mendapat respons yang beragam dari kritikus film saat diluncurkan pada bulan Oktober. Walau begitu film ini laku di pasaran dan Malek dipuji karena penampilannya sebagai Mercury.

Saat menerima penghargaan, Malek tidak mengucapkan terima kasih kepada Singer, namun ia menyampaikan penghargaan itu ditujukannya untuk Queen dan dia sangat tersentuh untuk memenangkan penghargaan itu.

“Untukmu, Brian May, untukmu, Roger Taylor, untuk memastikan originalitas masih tetap ada di dunia ini,” ujarnya. May danTaylor menghadiri acara pemberian penghargaan itu dengan Malek.

Ia kemudian mendedikasikan penghargaan itu untuk Mercury yang meninggal pada 1991 dan berkata, “Ini untukmu, dan karena kamu luar biasa!”

Pemenang-pemenang Lain

Salah satu kejutan di malam itu adalah Glenn Close yang memenangkan penghargaan pemeran wanita terbaik untuk perannya di film The Wife.

Dia mengalahkan Lady Gaga yang disebut-sebut berpotensi besar memenangkan penghargaan di kategori itu untuk penampilannya di film A Star Is Born.

Saat menerima penghargaan, Close mengatakan betapa pentingnya untuk perempuan meraih mimpi-mimpi mereka dan tidak hanya mengurus rumah.

Dia mengatakan, “Perempuan, kita adalah orang yang bisa mengurus dan lingkungan mengharapkan kita untuk menjalankan peran itu. Kita memiliki suami dan anak-anak dan kita harus menemukan pencapaian pribadi dan menekuni mimpi kita. Kita harus mengatakan ‘Saya bisa melakukan hal itu’ dan ‘Saya punya hak untuk melakukan itu’.”

Pemenang-pemenang dari Inggris meliputi Olivia Colman, yang memenangkan penghargaan aktris terbaik (untuk film komedi atau musikal) untuk perannya sebagai Ratu Anne di film The Favourite.

Christian Bale juga mendapat penghargaan atas perannya sebagai wakil presiden Dick Cheney- yang membuatnya memenangkan penghargaan aktor terbaik (untuk film komedi atau musikal).

Aktor Inggris Richard Madden dan Ben Whishaw memenangkan penghargaan televisi untuk peran mereka di drama BBC Bodyguard dan A Very English Scandal.

Untuk kategori TV, The Americans mendapat penghargaan drama terbaik dan The Kominsky Method menjadi acara komedi TV terbaik. Bintang Netflix Michael Douglas memenangkan penghargaan aktor terbaik untuk serial TV (musikal atau komedi) untuk perannya sebagai pelatih drama di usia senja.

Dia mendedikasikan penghargaan itu untuk “istri yang luar biasa Catherine”- yaitu Catherine Zeta Jones dan ayahnya yang berusia 102 tahun, Kirk Douglas.

Penghargaan itu berjarak 49 tahun dengan nominasi pertamanya sebagai artis pendatang baru terbaik di Golden Globe.

Sandra Oh memenangkan penghargaan untuk aktris terbaik di drama TV Killing Eve, sebuah drama kriminal yang ditayangkan oleh BBC Amerika. Dia berterima kasih kepada orang tuanya yang berasal dari Korea, yang saat itu duduk di kursi penonton.

Oh juga menjadi pembawa acara untuk seremoni hari Minggu di Beverly Hills bersama dengan aktor Brooklyn Nine-Nine Andy Samberg. (bbc.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home