Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:35 WIB | Senin, 27 Maret 2017

Grand Indonesia Gaet Pengunjung dengan Inovasi Digital

Asisten Manajer Grand Indonesia Dinia Widodo (kedua kiri) saat menggelar konferensi pers terkait kerja sama digital dengan Pomona dan Smark. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengelola pusat perbelanjaan untuk menambah traffic pengunjung atau meningkatkan transaksi belanja seperti mengadakan kegiatan bazaar, peragaan busana atau pertunjukan menyambut acara-acara tertentu.

Namun, Grand Indonesia memiliki inovasi yang berbeda untuk menarik minat pengunjung yaitu melalui perangkat digital yaitu aplikasi yang bisa diunduh melalui telepon selular.

Asisten Manager Public Relation Grand Indonesia, Dinia Widodo menyatakan cara ini dinilai sebagai langkah inovasi baru yang belum pernah dilakukan oleh pusat perbelanjaan manapun. Meski traffic pengunjung pusat perbelanjaan yang berada di jantung ibu kota DKI Jakarta ini sudah mencapai 2,1 juta orang per bulannya, Dinia optimis kerja sama dengan aplikasi digital ini mampu menambah target pengunjung lebih banyak lagi.

“Karena traffic pengunjung yang banyak, makanya saat ini langsung terintegrasi dengan digital platform,” kata dia saat peluncuran perdananya di Ninety Nine Resto East Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, hari Kamis (23/3).

Kali ini, Grand Indonesia bekerja sama dengan dua platform digital yaitu SMARK Parking App dan Pomona.

SMARK Parking

SMARK Parking adalah perusahaan pertama di Indonesia yang menawarkan aplikasi reservasi parkir online. Co-founder SMARK Parking, Kemal Putra mengungkapkan kerja sama antara pusat perbelanjaan dengan platform digital miliknya adalah kolaborasi yang pas untuk memudahkan pengunjung mencari parkir ketika akan berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi tersebut di Google Play dan App Store kemudian mengisi pulsa melalui kartu kredit atau debit yang juga bekerja sama dengan DOKU. Jika pulsa sudah terisi, pengguna sudah bisa memesan area parkir. Aplikasi tersebut kemudian akan memberi tahu pemesan bahwa dia harus datang dalam waktu satu jam. Jika lebih dari itu, pengguna bisa membatalkan pesanan atau meminta tambahan waktu.

Kemudian pengguna akan diberi kode batang (barcode) yang harus digunakan untuk masuk dalam parkir khusus SMARK. Biaya pemesanan SMARK per satu kali parkir adalah Rp 40.000 di luar biaya parkir per jam.

Saat ini, SMARK baru tersedia di area Basement 1 East Mall Grand Indonesia yang telah dibuat secara khusus dan eksklusif bagi pengguna SMARK.

Pomona

Selain bekerja sama dengan SMARK, Grand Indonesia juga menggandeng Pomona, yaitu aplikasi teman belanja bagi penggunanya. Pomona menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan adanya interaksi antara merchant, prdouk dan konsumen yang dapat meningkatkan pembelian produk.

Fitur aplikasi Pomona di antaranya adalah Auto Check In, QR Code Check In, Scan Product Barcode dan Virtual Concierge ketika berada di pusat perbelanjaan.

Auto Check In adalah fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan poin secara otomatis saat masuk ke dalam pusat perbelanjaan yang bekerja sama dengan Pomona. Kemudian, QR Code Check In adalah fitur dimana pengguna dapat melakukan scan QR Code di merchant partner Pomona seperti Central, Gramedia dan Ranch Market untuk mendapatkan penambahan poin.

Sedangkan Scan Product Barcode adalah memindai produk tertentu yang bekerja sama dengan Pomona untuk mendapatkan poin. Jika pengguna membeli produk tersebut, maka poin akan bertambah secara otomatis.

Kemudian, Virtual Conceirge atau AskMona akan membantu pengguna untuk mendapatkan info terbaru seputar outlet, acara, jadwal film serta rekomendasi promo yang sedang berlangsung di Grand Indonesia. Pengguna juga bisa menggunakan fitur ini untuk menanyakan lokasi merchant atau toilet.

“Jadi sekarang setiap aktivitas belanja termasuk window shopping menjadi berhadiah,” kata Co-founder Pomona Benz Budiman.

Dinia menambahkan kerja sama dengan dua perusahaan rintisan ini dapat menambah kenyamanan dan kepuasan para pelanggan.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home