Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:47 WIB | Rabu, 11 Juli 2018

Gua Thailand: Seluruh Korban Terperangkap sudah Diselamatkan

Ilustrasi. Dua belas anak dan remaja pemain sepak bola bersama pelatihnya yang terperangkap di Gua Tham Luang di Thailand, berhasil dikeluarkan, melibatkan penyelam Angktan Laut Thailand dan penyelam asing. (Foto: 3AW)

THAILAND, SATUHARAPAN.COM – Dua belas anak dan remaja serta pelatihnya yang terperangkap di dalam gua sejak 23 Juni lalu sudah berhasil diselamatkan dari dalam gua yang dilanda banjir, seperti dikukuhkan Angkatan Laut Thailand.

Operasi yang berbahaya untuk membawa empat orang yang terakhir dari dalam gua, Selasa (10/7), sudah berakhir.

Pernyataan Angkatan Laut Thailand seperti dilansir BBC, menegaskan semuanya berada dalam keadaan aman.

Seorang Penyelam Tewas Saat Operasi SAR

Penyelam dari dalam negeri Thailand dan dari luar negeri terlibat dalam upaya penyelamatan 13 orang yang terjebak banjir di Gua Tham Luang itu. Sebanyak 12 remaja yang terperangkap di Gua Thuam Luang itu berusia antara 11 hingga 16 tahun, sedangkan pelatihnya berumur 25 tahun.

Seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand meninggal dalam upaya penyelamatan, pada Jumat (6/7), dini hari.

Saman Gunan, yang berusia 38 tahun, hilang kesadaran lalu tenggelam saat hendak keluar dari Gua Tham Luang setelah mengirim pasokan perbekalan untuk kelompok remaja tersebut.

“Mantan anggota pasukan katak yang secara sukarela bergabung dengan tim penyelamat tewas sekitar pukul dua dini hari,” ujar Wakil Gubernur Chiang Rai, Passakorn Boonyaluck, seperti dilaporkan BBC.

Setelah sempat berdinas di Angkatan Laut dan mencapai pangkat sersan mayor, Gunan mengundurkan diri dari kemiliteran namun kembali bergabung dengan mantan rekan-rekannya untuk operasi SAR di Tham Luang.

Gunan diklaim sebagai pelari dan peseda aktif setelah mundur dari dinas militer.

“Tugasnya adalah mengirim oksigen. Sayangnya dia tidak membawa cukup oksigen untuk dirinya sendiri saat ke luar gua,” kata otoritas tim penyelamat.

Sekitar 1.000 terlibat dalam operasi penyelamatan 13 orang di dalam gua yang banjir tersebut, baik itu dari penyelam Angkatan Laut Thailand, tentara dari matra lainnya, serta sukarelawan yang berstatus warga sipil.

Kematian Gunan memperkuat prediksi soal bahaya yang membayangi upaya penyelamatan itu. Namun Komandan Pasukan Katak Thailand, Apakom Yookongkaew, menyebut timnya tetap percaya diri dapat membawa seluruh korban keluar dari gua. (bbc.com)

Editor : Sotyati

Back to Home