Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:55 WIB | Senin, 29 Juni 2020

Gudni Johannesson Terpilih Kembali sebagai Presiden Islandia

Presiden Islandia, Gudni Johannesson. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Presiden Islandia, Gudni Johannesson, terpilih kembali dengan 92 persen suara, menurut hasil akhir yang dirilis pada hari Minggu (28/6).

Mantan profesor sejarah itu memenangkan masa jabatan empat tahunnya yang kedua dalam posisi yang sebagian besar simbolis dalam pemungutan suara hari Sabtu (27/6). Pemilihan kedua yang diadakan oleh sebuah negara Eropa setelah penguncian pandemi virus corona dicabut.

Sejak menderita kegagalan bank yang spektakuler pada tahun 2008, pulau vulkanik di Atlantik Utara berpenduduk 365.000 jiwa itu telah memulihkan stabilitas ekonomi dan politiknya, dan bekerja dalam kemandirian selama 52 tahun sejak kemerdekaan.

Hasil akhir pemilihan menunjukkan dia mengambil 92,2 persen dari 168.821 suara, mengalahkan penantangnya dari sayap kanan, Gudmundur Franklin Jonsson.

"Saya merasa terhormat dan bangga," kata presiden di kota Reykjavik pada malam pemilihan. "Hasil dari pemilihan ini, bagi saya, adalah bukti dari fakta bahwa sesama orang Islandia saya... telah menyetujui cara saya mendekati kantor ini."

Kemenangan dominan telah diprediksi oleh jajak pendapat, yang menunjukkan presiden menang antara 90 hingga 94 persen.

Pemilih Hjalmtyr Heiddal mengatakan bahwa ia "sangat senang" dengan margin kemenangan karena "itu berarti bahwa 92 persen orang Islandia menginginkan tipe presiden yang tidak memihak dan netral."

Ini adalah margin kemenangan tertinggi kedua dalam sejarah pemilihan presiden Islandia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home