Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 08:13 WIB | Senin, 07 Agustus 2017

Gunungkidul Menyambut FKY: Kendel Riyin

Ilustrasi poster FKY 2017 Gunungkidul "Kendel Riyin" yang akan berlangsung 7-12 Agustus 2017. (Foto: Panitia FKY Gunungkidul)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Festival Kesenian Yogyakarta 29|2017 yang dipusatkan di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis Km 5,5 Bantul secara bersamaan juga diikuti FKY yang diselenggarakan di masing-masing kabupaten dan kota di Yogyakarta. Di Kabupaten Bantul sendiri sebagai rangkaian FKY, Kabupaten Bantul menyelenggarakan event paralel FKY di Lapangan Mangiran, Srandakan. Kabupaten Sleman menjadikan Lapangan Denggung sebagai pusat FKY Sleman, Kulon Progo di Alun-alun Wates, dan Kota Yogyakarta di Pasar Ngasem.

Dengan mengambil tema "Kendel Riyin", Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan FKY 29|2017 di Alun-alun Wonosari, Gunungkidul dengan beberapa event selama 7-12 Agustus 2017. Kendel Riyin adalah sebuah idiom yang sering terucap antar masyarakat Gunungkidul, terutama di daerah pedesaan. Pada umumnya dalam bahasa Indonesia berarti istirahat dulu. Namun dengan pengucapan yang berbeda pada huruf 'e' pertama jika dilihat dari konteks bahasa Jawa kata kendel memiliki sifat sebagai kata homograf.

Definisi kendel yang pertama dalam bahasa Jawa memiliki arti wani atau berani (dalam bahasa Indonesia). Sedangkan definisi kendel yang kedua dalam bahasa Jawa juga berarti Leren atau dalam bahasa Indonesia berarti istirahat. Dengan dengan tema tersebut, FKY Gunungkidul berusaha mengajak banyak orang untuk bekerja berimbang.

Dalam seni pertunjukan di FKY 2017, Reog dan Jathilan menjadi seni tradisi yang coba diangkat dengan pementasan setiap hari. Diluar seni pertunjukan,  45 perupa, 5 komunitas seni dan komunitas musik kreatif yang berdomisili di Gunungkidul dengan nama Komunitas Ikatan Perupa Gunungkidul (IPG) akan memamerkan karya seni rupanya di eks Gedung Kementerian Agama Kab. Gunungkidul. Komunitas ini mewadahi semua seniman/perupa baik yang otodidak, akademis, bahkan perkumpulan guru senirupa se-Gunungkidul untuk memamerkan karyanya.

FKY 29|2017 Gunungkidul "Kendel Riyin" akan dibuka dengan didahului kirab dari Alun-Alun Wonosari menuju ke taman kota terus ke barat menuju simpang tiga Kepek ke kiri dan masuk lagi ke Kota Wonosari, Senin (7/8) siang hingga sore dilanjutkan upacara pembukaan di Alun-alun Wonosari.

Agenda Kegiatan FKY 29 | 2017 Gunungkidul

Agenda FKY 29|2017 Gunungkidul dilakukan di beberapa tempat dengan pusat pelaksanaan di Alun-alun Wonosari dimulai pukul 15.00 WIB setiap harinya. Berikut agenda kegiatan selama FKY 29 | 2017 yang akan berlangsung 7-12 Agustus 2017.

Senin, 7 Agustus 2017 : Tarian kolosal pembukaan, Upacara pembukaan, Kethoprak Jampi Puyeng.

Selasa, 8 Agustus 2017 : Pentas Reog Tresno Budaya, Pentas Jathilan Republik Sekar Mataram. Parade musik kreatif: Rampak kendang Upil Dewa,  Angklung Laras Muda, Musik etnik ISI Ygyakarta,  Wayang Hip-hop.

Rabu, 9 Agustus 2017 : Pentas Reog Guntur Mataram, Pentas Jathilan Turangga Jati. Parade Band, Layar Tancep

Kamis, 10 Agustus 2017 : Pentas Reog Turangga Jati, Pentas Jathilan Turangga Seta. Parade seni tari kreatif: Lion Barongsai Raga Jati, Tari Angguk, Tari Bali, Sendratari Ramayana

Jumat 11 Agustus 2017 : Pentas Reog Wira Tamtama, Pentas Jathilan Manunggal Putra. Parade gamelan kreatif: Swara Swarga-GK, Omah Cangkem pimpinan Pardiman Djoyonengoro, Wayang kulit 3 Dalang muda GK.

Sabtu, 12 Agustus 2017 : Pawai seni, Keroncong Obah Mamah, closing, fire dance, Campursari Dhimas Tedjo.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home