Loading...
SAINS
Penulis: Tanto Wibowo 18:45 WIB | Kamis, 23 Juli 2020

Hadapi Pandemi COVID-19 dengan "Cerdik Ceria"

Dr. dr. Fidiansjah, SpKJ., MPH, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Kementerian Kesehatan (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Slogan “Cerdik Ceria” yang dicetuskan Kementerian Kesehatan mengajak seluruh anggota keluarga di Indonesia yang di dalamnya juga termasuk keluarga BPK PENABUR Jakarta untuk menghadapi pandemi COVID-19 dengan protokol kesehatan.

Kementerian Kesehatan melalui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Dr. dr. Fidiansjah, SpkJ., MPH pada sesi diskusi bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Senin (20/7) mengatakan bahwa di tengah pandemi COVID-19, tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak terkena dampak, fisik maupun psikis.

Dalam mengatasi persoalan yang terkait dengan kesehatan fisik kata Fidiansjah, masyarakat diimbau melakukan beberapa langkah yang terangkum dalam slogan ‘Cerdik’.

Cerdik merupakan akronim dari langkah-langkah ini C (Cek kondisi kesehatan secara berkala), E (Enyahkan asap rokok), R (Rajin aktivitas fisik, D (Diet sehat dengan kalori, I (Istirahat yang cukup), dan K (Kendalikan stress).

Selanjutnya menurut Fidiansjah, jangan sampai kesehatan jiwa juga turun, karena akan mengganggu imuniatas tubuh. Maka, warga masyarakat diajak melakukan beberapa langkah-langkah untuk menjaga kesehatan jiwa di tengah banyaknya pembatasan. Langkah-langkah tersebut terangkum dalam slogan Ceria yang dijabarkan sebagai C (Cerdas intelektual emosional dan spiritual), E (Empati dalam berkomunikasi efektif), R (Rajin beribadah sesuai agama dan keyakinan), I (Interaksi yang bermanfaat bagi kehidupan, dan A (Asah, Asih, dan Asuh tumbuh kembang dalam keluarga dan masyarakat. 

Dengan langkah-langkah yang terangkum dalam slogan “Cerdik Ceria” diharapkan seluruh anggota keluarga bisa terus sehat dalam beraktivitas yang tentunya juga harus memperhatikan segala protokol kesehatan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home