Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:38 WIB | Sabtu, 11 Januari 2020

Haitham Dilantik Sebagai Sultan Oman Menggantikan Qaboos

Haitham bin Tariq al-Said dilantin menjadi Sultan Oman, menggantikan Sultan Qaboos bin Said al-Said yang meningeal hard Sabtu (11/1). (Foto: dari Reuters)

OMAN, SATUHARAPAN.COM-Haitham bin Tariq al-Said telah dilantik sebagai Sultan Oman yang baru, kata pemerintah pada hari Sabtu (11/1) pagi, beberapa jam setelah diumumkan bahwa Sultan Qaboos bin Said al-Said meninggal pada usia 79 tahun karena sakit.

Haitham bin Tariq dipilih oleh dewan keluarga yang berkuasa yang bersidang pada hari Sabtu.  Mereka membuka amplop tertutup di mana Sultan Qaboos diam-diam menulis rekomendasinya seandainya keluarga tidak setuju, dan memilih untuk mengikuti petunjuknya yang "bijak", menurut laporan Reuters.

"Haitham bin Tariq dilantik sebagai sultan baru negara itu ... setelah pertemuan keluarga yang memutuskan untuk menunjuk orang yang dipilih oleh sultan," kata pemerintah dalam sebuah pesan Tweeter.

Haitham adalah sepupu almarhum Sultan dan penggantinya, yang merupakan anggota keluarga kerajaan al-Said. Sebelumnya dia menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Warisan Oman, Wakil Menteri Luar Negeri, dan Sekretaris Jenderal untuk Kementerian Luar Negeri.

Pria berusia 65 tahun itu adalah Sultan kesepuluh dari kerajaan Oman.

Editor : Sabar Subekti

Zuri Hotel
Back to Home