Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 17:20 WIB | Jumat, 21 Februari 2014

Hari Keadilan Sosial: PBB Dorong Masyarakat Internasional Dobrak Ketidaksetaraan

Sekjen PBB Ban Ki-moon. (Foto: un.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menandai Hari Keadilan Sosial dengan seruan pada masyarakat internasional agar mengambil langkah praktis untuk mendobrak hambatan ketidaksetaraan. Caranya, dengan melakukan lebih banyak untuk memberdayakan individu melalui pekerjaan yang layak, memberikan perlindungan sosial yang memadai, dan memastikan suara orang miskin didengar.

“Kesenjangan antara yang paling miskin dan yang paling kaya di seluruh dunia, luas dan berkembang. Situasi ini tidak hanya antarnegara, tetapi di dalam negara itu sendiri. Bahkan, termasuk di banyak negara-negara makmur,” kata Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Kamis (20/2).  Ban Ki-moon mendeklarasikan, “Hari Keadilan Sosial diperingati untuk menyoroti kekuatan solidaritas global dalam memajukan kesempatan bagi semua.”

“Kita harus melayani kebutuhan dan memanfaatkan kapasitas semua anggota keluarga global kita, terutama perempuan, kaum muda, orang tua, dan penyandang cacat, masyarakat adat dan masyarakat miskin dan terpinggirkan di antara kita,” laki-laki berkebangsaan Korea Selatan itu menekankan.

Majelis Umum PBB menyatakan 20 Februari sebagai Hari Keadilan Sosial di pertemuan mereka pada 2007. Majelis Umum PBB mengundang negara-negara anggota untuk mengabdikan hari itu untuk mempromosikan kegiatan nasional sesuai dengan tujuan dan sasaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dunia untuk Pembangunan Sosial pada 1995. Pada KTT itu, para pemimpin berjanji untuk memberantas kemiskinan, menyediakan pekerjaan, dan melakukan pembinaan integrasi sosial dengan target pembangunan global.

Dalam pesannya, Ban mengatakan bahwa saat kesenjangan melebar, struktur sosial masyarakat yang baik meregang dan tegang. Hal ini sering menyebabkan spiral ketidakpastian ekonomi dan sosial dan bahkan kerusuhan. Dia mengatakan konflik kekerasan di banyak bagian dunia sering berakar pada ketidaksetaraan, diskriminasi, dan kemiskinan yang meluas.

“Namun tidak ada yang tak terelakkan tentang ketimpangan. Tujuan kita bersama harus mengambil langkah-langkah praktis untuk menghilangkan hambatan yang tangguh ini demi pengembangan dan martabat manusia,” kata dia. Ia menekankan bahwa saat masyarakat internasional terus berupaya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) dan bentuk agenda pasca-2015, sosial keadilan harus menjadi pusat mencapai pertumbuhan yang adil dan berkelanjutan bagi semua.

Senada dengan seruan Sekjen PBB untuk bertindak, Presiden Majelis Umum, John Ashe menyatakan prinsip-prinsip kesetaraan dan keadilan sosial sangat penting untuk hubungan internasional di abad ke-21. Langkah besar telah dibuat dalam hal itu sejak 1995, termasuk mengurangi setengah jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem dan membuat perbaikan besar dalam bidang kesehatan dan kesetaraan gender, termasuk kemajuan yang mantap menuju akses yang sama anak perempuan dan anak laki-laki untuk pendidikan dasar.

Namun, saat prestasi mereka dicatat, “kita memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan jika kita ingin mencapai tujuan yang telah kita tetapkan untuk diri kita sendiri,” kata Ashe. Ia mendesak masyarakat internasional untuk melipatgandakan upaya kolektif untuk menyelesaikan urusan yang belum selesai dari MDGs.

“Namun, visi kita tidak bisa berhenti di situ. Kita harus melihat ke depan untuk membentuk agenda pembangunan berkelanjutan global yang akan membawa kita melampaui tahun 2015,” kata Ashe. Ia menekankan bahwa agenda baru, dengan pemberantasan kemiskinan ekstrem sebagai pusatnya, harus inklusif dari semua pihak, pemerintah dan nonpemerintah. Termasuk, kontribusi dari para pemangku kepentingan dari sektor swasta serta masyarakat akademis dan ilmiah.

“Kita harus melayani kebutuhan dan memanfaatkan kapasitas semua anggota keluarga global kita, terutama perempuan, kaum muda, orang tua dan penyandang cacat, masyarakat adat dan masyarakat miskin dan terpinggirkan di antara kita,” kata dia. Ia mengungkapkan keyakinan dunia bisa menciptakan kerangka pengembangan baru yang akan “menghilangkan kesenjangan yang sejauh ini telah mencegah kita dari mewujudkan aspirasi kita bersama.”

Sejarah

Dunia Hari Keadilan Sosial adalah hari mengakui perlunya untuk mempromosikan upaya-upaya untuk mengatasi masalah-masalah seperti kemiskinan, pengucilan, dan pengangguran. Majelis Umum PBB telah memutuskan untuk memperingatinya pada 20 Februari setiap tahun. Disetujui pada 26 November 2007 dan mulai diperingati pada 2009, sebagai Hari Dunia Keadilan Sosial.

Seperti yang diakui oleh KTT Dunia, pembangunan sosial untuk keadilan sosial, solidaritas, harmoni dan kesetaraan dalam dan di antara negara-negara dan keadilan sosial; kesetaraan dan keadilan merupakan nilai-nilai fundamental dari semua masyarakat. Untuk mencapai  “masyarakat untuk semua” pemerintah membuat komitmen untuk menciptakan kerangka kerja untuk tindakan mempromosikan keadilan sosial di tingkat nasional, regional, dan internasional. Mereka juga berjanji untuk mempromosikan pemerataan pendapatan dan akses yang lebih besar ke sumber daya melalui ekuitas dan kesetaraan dan kesempatan bagi semua. Pemerintah juga harus menekankan pertumbuhan ekonomi harus mendorong kesetaraan dan keadilan sosial dan bahwa “masyarakat untuk semua” harus didasarkan pada keadilan sosial dan penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan fundamental. (un.org/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home