Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:02 WIB | Kamis, 05 November 2015

Hari Kesehatan Nasional ke-51: Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri

Ilustrasi logo Hari kesehatan nasional ke 51 tahun 2015. (Foto: promkes.depkes.go.id)

SATUHARAPAN.COM - Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November setiap tahun, dicanangkan sebagai peringatan berharga bagi bangsa Indonesia untuk tetap fokus dan bersemangat membangun bangsa, khususnya di bidang kesehatan. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Indonesia Cinta Sehat: Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri”.  

HKN ke-51 adalah awal dari setengah abad baru memperjuangkan pembangunan kesehatan. Usia 51 mewakili kematangan dan kemapanan pembangunan kesehatan. Masa ini adalah era pembaruan dan semangat baru dalam menyongsong kesehatan yang lebih baik, sekaligus waktu yang tepat menyosialisasikan program Nawacita atau 9 Agenda Perubahan Kabinet Kerja, khususnya Indonesia sehat, kepada masyarakat.

Generasi cinta sehat adalah bangsa Indonesia dari segala usia, turut serta dalam pembangunan kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, terlibat aktif dalam jaminan kesehatan nasional, untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat.

Akselerasi pencapaian derajat kesehatan yang optimal dilakukan dengan kerja sama berbagai elemen penting seperti pemerintah, kepala daerah, dunia usaha, dan organisasi kemasyarakatan. Peringatan HKN ke-51 ini, tentu merupakan momen untuk berbagi tantangan dan mengambil komitmen dalam pencapaian derajat kesehatan.

Pesan yang disampaikan dalam HKN ke-51 adalah:

-Makanan sehat untuk keluarga dengan gizi seimbang agar terhindar dari obesitas dan stunting (masalah gizi kurang dan badan pendek).

-Perilaku hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik.

-Perilaku hidup bersih untuk menciptakan lingkungan sehat.

-Hidup sehat tanpa rokok, alkohol, dan napza.

-Penggunaan obat sesuai resep dokter.

-Menjaga kesehatan reproduksi sejak dini.

-Pencegahan penyakit dengan imunisasi.

-Bagi pengambil keputusan, dapat memanfaatkan momen HKN untuk mendapat dukungan publik, meningkatkan nilai kinerja yang semakin baik di mata masyarakat, serta bukti dalam menjalankan pemerintahan yang bersih dan melayani.

-Bagi petugas kesehatan, mengingatkan tugas dan kewajiban mereka untuk melayani kesehatan masyarakat, dan berkarya semakin giat.

-Bagi lintas sektoral kementerian, organisasi masyarakat dan dunia usaha, memberikan kesempatan tugas membangun kesehatan tidak bisa dilakukan sendiri, namun bekerja sama dengan berbagai pihak

-Bagi masyarakat, mengajak untuk terus melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, mencegah penyakit dan memiliki jaminan kesehatan.

Rangkaian Kegiatan Pusat dan Daerah

Kegiatan HKN mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, mereka akan semakin sadar akan pentingnya pembangunan kesehatan.

-Kegiatan ilmiah, dengan menggelar simposium, peluncuran buku penelitian kesehatan, atau lomba penulisan ilmiah agar para profesional kesehatan dapat terlibat aktif dan menjadi solusi.

-Pengabdian masyarakat: pemeriksaan gerak dan fungsi tubuh, donor darah nasional, deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), inspeksi visual dengan asam asetat atau cara untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin (IVA Test Nasional), pelayanan dan pemeriksaan kesehatan jiwa, deteksi dini faktor risiko penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lain (Napza), deteksi dini faktor risiko HIV/AIDS, konseling Voluntary Counseling Test (VCT)/KTHIV

Pameran

Pameran pembangunan kesehatan adalah pertemuan besar dimana seluruh  keluarga besar kesehatan, lintas sektor, dunia usaha dan organisasi masyarakat  bersatu dalam sebuah momen yang saling bertukar informasi tentang  pencapaian yang telah mereka raih dalam membangun kesehatan.

Pertandingan dan Lomba

Lomba bisa diadakan antarkkementerian/lembaga dengan tema seperti: PHBS, kesehatan lingkungan, kota sehat, dan TOGA, dilaksanakan dengan melibatkan pelajar, jurnalis, profesional kesehatan dengan berbagai macam lomba kreativitas.

Upacara dan Tabur Bunga

Mengenang jasa pahlawan terutama mereka yang berjasa di bidang kesehatan, lewat upacara dan dirangkai dengan kegiatan tabur bunga di taman makam pahlawan untuk meningkatkan semangat jiwa korsa.

Acara Puncak

Memeriahkan 51 tahun HKN dengan semangat baru, akan sangat bermakna jika setiap elemen masyarakat hadir. Pemberian penghargaan tertinggi dari Menkes RI bagi mereka yang berjasa di bidang kesehatan dan pertunjukan seni musik dan tari akan mengantar 51 tahun HKN menjadi acara yang meriah dan tidak terlupakan.

Lomba Tingkat Nasional

-Film pendek: diberikan untuk masyarakat umum yang membuat film, pendek inspiratif, ide cerita dan pesan kesehatan 

-Penulis cilik: diberikan untuk penulis cerita pendek bertema kesehatan yang menginspirasi. Sasaran: SD (7 – 12 tahun) 

-Lomba Jurnalistik

-Fotografi: diberikan untuk karya foto terbaik dalam menyampaikan pesan kesehatan. (promkes.depkes.go.id)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home