Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:40 WIB | Selasa, 10 November 2020

Hasil Evaluasi Tanggapan WHO pada Pandemi Disampaikan Pekan ini

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: dok: Ist.)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Direjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa lembaganya berkomitmen untuk "akuntabilitas berkelanjutan" karena panel independen yang mengevaluasi manajemen WHO atas tanggapan global terhadap pandemi virus corona bersiap untuk menyampaikan hasilnya kepada negara-negara anggota organisasi tersebut pekan ini.

Dalam pernyataannya hari Senin (9/11), Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan WHO menyambut baik "setiap dan semua upaya untuk memperkuat organisasi," setelah berbulan-bulan organisasi tunduk pada tuntutan dari negara-negara anggota untuk memulai penyelidikan independen yang mengevaluasi tanggapan terhadap COVID-19.

Tedros juga meminta lebih banyak dana untuk organisasi tersebut, dengan mengatakan ada ketidakseimbangan yang "mengejutkan" antara anggaran tahunan WHO dan ekspektasi negara terhadapnya.

“Dalam dekade terakhir, ekspektasi dunia terhadap WHO telah tumbuh secara dramatis tetapi anggaran kami hampir tidak berubah,” katanya, sambil mencatat bahwa anggaran WHO setara dengan jumlah yang dibelanjakan dunia untuk produk tembakau dalam satu hari.

“Jika dunia dapat mengirimkan uang sebanyak itu dalam asap setiap hari pada produk yang melukai dan membunuh, tentunya dunia dapat menemukan dana dan kemauan politik untuk berinvestasi dalam mempromosikan dan melindungi kesehatan masyarakat dunia,” katanya.

Tedros berterima kasih kepada para donor atas dana sebesar US$ 1,6 miliar yang telah mereka berikan untuk strategi COVID-19. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home