Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:13 WIB | Senin, 20 April 2015

Herbisida Sebabkan Penyakit Misterius di Nigeria

Ilustrasi Pestisida menjadi penyakit pembunuh misterius di Nigeria. (Foto: dw.dw/AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM  - “Keracunan pestisida kemungkinan menjadi penyebab dari kematian misterius 18 orang di kota Nigeria barat daya, awal pekan ini, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu (19/4).

"Hipotesis saat ini untuk penyebab peristiwa tersebut adalah herbisida,“ kata juru bicara WHO Gregory Hartl di akun Twitter-nya.

“Tes yang sudah dilakukan sejauh ini negatif dari infeksi virus dan bakteri,” katanya.  

Korban mulai menunjukkan beberapa gejala awal pekan lalu dalam apa yang disebut juru bicara Negara Bagian Ondo, Kayode Akinmade sebagai “penyakit misterius, yang menimbulkan kekhawatiran tersebarnya wabah penyakit baru di kawasan yang sebelumnya diserang ebola tersebut."

Para korban, menunjukkan gejala seperti sakit kepala, berat badan turun, penglihatan kabur, dan kehilangan kesadaran, meninggal satu hari setelah jatuh sakit di Kota Ode-Irele, di Negara Bagian Ondo barat daya.

Komisaris kesehatan Ondo, Dayo Adeyanju, mengatakan kepada AFP, ada 23 orang yang mengalami hal tersebut.

Akinmade mengatakan, pejabat dan pakar kesehatan dari pemerintah dan beberapa lembaga bantuan, serta ahli epidemiologi WHO, sudah tiba di Ode-Irele untuk menyelidiki kematian tersebut.

“Tes juga sudah dilakukan di Lagos University Teaching Hospital,“ kata WHO.(AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home