Loading...
INDONESIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 13:12 WIB | Selasa, 30 Juni 2015

Hercules Milik TNI AU Jatuh dan Terbakar di Jl. Jamin Ginting Medan

Kobaran api saat pesawat Hercules jatuh di Jl. Jamin Ginting Medan (Foto:Tribunnews)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM -  Sebuah pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara dari Skuadron 32 jatuh jatuh sekitar pukul 12:10 hari ini (30/6) di sebuah jalan utama yang terletak di kawasan yang ramai  Jl. Jamin Ginting, Medan.  Pesawat jatuh menimpa sebuah bangunan ruko yang kosong.

Pesawat Hercules jenis C-130 itu dikemudikan oleh Kapten Penerbang Sandi Permana, dalam penerbangan rutin mengangkut logistik ke sejumlah pangkalan, yaitu Pekan Baru, Medan, Tanjung Pinang, Ranai, Pontianak dan Halim Perdanakusumah.

Marsekal Madya Asma Dwi Badarmanto, Kadispen TNI AU, membenarkan tentang jatuhnya pesawat tersebut. Menurut dia, ada beberapa orang berada di dalam pesawat tetapi belum diketahui bagaimana keadaan mereka. Asma juga memastikan bahwa pesawat yang jatuh masih laik terbang.

“Pesawat ini masih laik terbang. Penyebab jatuhnya masih diselidiki,” kata Asma Dwi Badarmanto dalam wawancara dengan Kompas TV, Selasa, 29/6.

Asap tebal mengepul dari pesawat yang jatuh di salah satu kawasan terpadat di Medan itu. Badan pesawat bernomor registrasi A1310 itu hancur hingga hanya menyisakan bagian ekor pesawat. Api membakar seluruh badan pesawat.

Menurut informasi, pesawat yang lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo  Polonia pada pukul 11:48 dan mengalamani kecelakaan dua menit kemudian dalam penerbangan menuju Tanjung Pinang. Dikabarkan pilot sempat meminta kembali ke pangkalan setelah lepas landas. Belum jelas mengapa pilot memintakan hal itu. 

Asma Dwi Badarmanto memastikan pesawat ini bukan pesawat yang baru dibeli dari Australia. “Pesawat ini masih laik terbang. Masih dalam penyelidikan mengapa bisa terjadi karena kondisinya masih baik,” tutur dia.

 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home