Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 10:37 WIB | Selasa, 31 Oktober 2017

Hibakusha akan Hadiri Penganugerahan Nobel

Terumi Tanaka, saksi kekejaman bom Nagasaki yang menjadi aktivis antinuklir, akan menghadiri upacara penganugerahan Hadiah Nobel Perdamaian di Oslo, Norwegia. (Foto: The Sydney Morning Herald)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Dua pejabat senior dari kelompok korban selamat pengebomatoman di Jepang tahun 1945, akan menghadiri upacara penganugerahan Hadiah Nobel Perdamaian di Norwegia.

Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2017 dianugerahkan kepada badan Kampanye Internasional untuk Penghapusan Senjata Nuklir atau ICAN, atas upayanya yang membawa pada pengesahan pakta penting PBB yang melarang senjata nuklir.

Para korban bom atom di Jepang yang dikenal sebagai hibakusha, diminta untuk mengikuti upacara penganugerahan yang akan diadakan tanggal 10 Desember di Oslo. Nihon Hidankyo, atau Konfederasi Organisasi Korban Bom Atom dan Hidrogen Jepang, seperti diberitakan nhk.or.jp, pada hari Senin (30/10/2017) memutuskan untuk mengirim dua anggota seniornya, Terumi Tanaka, seorang pensiunan profesor, dan Toshiki Fujimori, guna mengikuti upacara tersebut.

Nihon Hidankyo aktif terlibat selama perundingan atas Pakta Pelarangan Senjata Nuklir, yang disahkan pada bulan Juli.

Para anggotanya berbicara kepada para perwakilan pemerintahan dari seluruh dunia, mengenai pengalaman mereka, serta menyerukan penghapusan senjata nuklir. Kelompok itu juga memulai petisi yang mendesak semua negara untuk bergabung dengan pakta PBB itu, serta mengumpulkan tanda tangan dari lebih lima juta orang.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home