Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:45 WIB | Selasa, 17 April 2018

Hitachi Kembangkan Tes Urine Pemeriksa Kanker

Ilustrasi. Tes urine. (Foto: Dok Satuharapan.com/Antara/Arief Priyono)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Para peneliti di pabrikan elektronik Jepang Hitachi tengah mempelajari sebuah metode baru guna membantu orang-orang mendeteksi kanker pada tahap dini. Idenya adalah untuk memeriksa sampel-sampel urine yang dikirim dari rumah.

Para peneliti tersebut telah mengerjakan metode ini selama tiga tahun. Mereka telah memeriksa sekitar 2.000 materi limbah biologis di urine dan menemukan beberapa penanda biologi yang terkait dengan kanker.

Hitachi mengatakan berencana meluncurkan eksperimen tersebut bulan ini untuk meningkatkan ketepatan metode pemeriksaan itu. Hitachi bersama Rumah Sakit Universitas Nagoya membentuk tim guna mencari tahu apakah hasil tes dapat dipengaruhi oleh perubahan suhu dan waktu yang dibutuhkan bagi pengiriman sampel.

Hitachi menyebutkan tes urine lebih mudah dibandingkan tes darah biasa yang saat ini digunakan untuk memeriksa kanker. Perusahaan tersebut berencana memulai penggunaan metode tes itu pada awal tahun 2020an.

Pejabat tinggi Hitachi Shinji Yamada mengatakan keyakinannya tes urine yang dikirimkan akan mempermudah banyak orang dalam menjalani pemeriksaan, termasuk bagi anak bayi. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home