Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:34 WIB | Kamis, 21 Juli 2016

Hiu Putih di Afrika Selatan Terancam Punah

Ilustrasi hiu putih. (Foto: voices.nationalgeographic.com)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM - Hiu putih di Afrika Selatan menghadapi ancaman kepunahan, setelah jumlahnya menurun drastis akibat perburuan jaring hiu dan polusi, menurut penelitian yang dirilis pada Rabu (20/7).

Proyek penelitian selama enam tahun, yang dilakukan di sepanjang garis pantai negara itu mengungkapkan, bahwa hanya antara 353 hingga 522 ekor dari jenis hiu itu yang masih hidup, setengah dari tingkat yang diperkirakan sebelumnya.

“Jumlahnya di Afrika Selatan sangat rendah. Jika situasi ini terus bertahan, hiu putih Afrika Selatan terancam mengalami kepunahan,” kata penulis penelitian sekaligus peneliti di Stellenbosch University, Sara Andreotti.

Para ilmuwan, melakukan sensus tersebut dengan mengumpulkan sampel biopsi dan beberapa foto sirip punggung predator itu, termasuk di area Gansbaai, dekat Cape Town, sebuah area untuk penyelaman dalam kurungan.

“Kami menyimpulkan, hiu putih Afrika Selatan menghadapi penurunan cepat pada generasi terakhirnya dan jumlah mereka mungkin sudah terlalu rendah untuk dapat memastikan kelangsungan hidup mereka," kata Andreotti.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Marine Ecology Progress Series itu juga menyebut, jaring hiu polusi laut dan umpan pengait di pesisir timur Afrika Selatan sebagai penyebab turunnya jumlah hiu-hiu tersebut.

“Peluang kelangsungan hidup mereka bahkan lebih buruk dari perkiraan kami sebelumnya,” kata Andreotti. Sekitar 333 dari hiu tersebut diperkirakan dapat berkembang biak.(AFP/Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home