Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 16:36 WIB | Senin, 08 April 2019

Hoaks Mentega Dapat Bantu Atasi Luka Bakar

Ilustrasi. Mentega. (Foto: Medical News Today)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – dr. R. Aditya Wardhana, SpBP-RE [K], MARS mengatakan mengolesi luka bakar dengan menggunakan pasta gigi atau mentega, karena dianggap meringankan luka bukanlah cara yang tepat, dan justru dapat memperparah luka dan menimbulkan infeksi.

Sebelumnya beredar informasi di berbagai kalangan masyarakat tentang manfaat mentega untuk membantu mengatasi luka bakar agar tidak bertambah parah. Informasi itu pun tersebar melalui sejumlah saluran termasuk media sosial.

Klaim: Mengoleskan mentega ke luka bakar bisa membantu meredakan luka
Rating: Salah/Misinformasi

Penjelasan:

Mengoleskan pasta gigi atau mentega pada luka bakar termal sering kali digunakan karena dianggap dapat meringankan luka, namun, itu justru memperparah luka bakar. 

"Pada umumnya, luka bakar yang terjadi di sekitar kita adalah luka bakar termal yang diakibatkan panas atau listrik," kata dr. R. Aditya Wardhana, SpBP-RE [K], MARS dalam sebuah kesempatan.

"Sayangnya tak sedikit orang yang langsung mengolesi luka bakar dengan menggunakan pasta gigi atau mentega, karena dianggap meringankan luka."

Ia menambahkan, "Padahal hal tersebut bukanlah cara yang tepat, justru bisa memperparah luka dan menimbulkan infeksi." (ANTARA)

 

Back to Home