Loading...
EKONOMI
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 13:46 WIB | Jumat, 12 April 2013

Honda, Toyota, Nissan dan Mazda Menarik Mobil Mereka Dari Pasaran

Honda, Toyota, Nissan dan Mazda Menarik Mobil Mereka Dari Pasaran
Honda, Toyota, Nissan dan Mazda menarik mobil mereka dari pasaran (dok: CNN)
Honda, Toyota, Nissan dan Mazda Menarik Mobil Mereka Dari Pasaran
Toyota (dok: Fox59)

HONGKONG, SATUHARAPAN.COM – Sekitar 3,4 juta mobil keluaran Honda, Toyota, Nissan dan Mazda ditarik dari pasaran oleh produsen mereka masing-masing. Ini dilakukan karena terdapat cacat pada airbag, yang merupakan salah satu perangkat standar keselamatan pada mobil. Sebagian besar mobil yang ditarik berasal dari produksi tahun 2001, 2002 dan 2003.

Toyota mengatakan mereka menarik 1,7 juta mobil di seluruh dunia, termasuk beberapa merk Toyota populer seperti, Corolla, Matrix dan Tundra. Nissan menarik kembali sekitar 480.000 mobil, sedangkan Mazda kembali menarik 45.000 mobil diseluruh dunia. Sedangkan Honda yang menarik sekitar 1,1 juta mobilnya diseluruh dunia, mengatakan penarikan ini diperlukan untuk mengganti airbag inflator. "Ada kemungkinan karena terlalu banyak tekanan pada airbag inflator, maka casing inflator pecah, sehingga dapat menyebabkan cedera pada penumpang bagian depan mobil.” Kata perusahaan ini seperti yang diberitakan oleh kantor berita CNN.

Honda mengatakan, mereka menyadari hal ini pada salah satu kecelakaan yang terjadi. Dimana casing pecah karena terlalu banyaknya tekanan. Namun mereka belum pernah mendengar akibat serius yang dapat menyebabkan kematian.  Sebelumnya Honda telah melakukan penarikan mobil produksinya tahun 2008, untuk masalah sama, yang ditemukan di airbag samping pengemudi.

Juru bicara Toyota, Shino Yamada mengatakan airbag tersebut  diproduksi oleh Takata Corp, pemasok yang berbasis di Jepang. Saham Takata menurun tajam akibat penarikan mobil yang dilakukan oleh perusahaan klien mereka tersebut.

Di Amerika Serikat, mobil Honda yang ditarik dari pasaran adalah produksi tahun 2001 sampai 2003 dengan merk Civic dan CR-V, dan produksi tahun 2002 dengan merk Odyssey minivan. Untuk Nissan yang ditarik adalah produksi 2001 sampai  2003 dengan merk Maxima, Pathfinder, Sentra, Infiniti I35 dan Infiniti QX4. Untuk Mazda yang ditarik adalah produksi 2003 dan 2004 dengan merk Mazda6 sedan dan Mazda RX-8. Sedangkan Toyota yang ditarik adalah merk Corolla, Matrix, Tundra dan Lexus CS430. Untuk pasar diluar Amerika Serikat, Toyota juga menarik merk Camry.

Bagi Toyota, penarikan adalah pukulan lain untuk reputasinya. Perusahaan ini pada bulan Oktober mengumumkan penarikan 7.430.000 mobil karena masalah power window yang dapat menyebabkan resiko kebakaran. Penarikan terbesar Toyota dilakukan pada tahun 2009 dan 2010. Ketika itu, lebih dari delapan juta unit ditarik karena masalah pedal gas lengket. Karena hal ini dealer menghentikan penjualan delapan modelnya, dan produksi dihentikan sementara.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home