Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:34 WIB | Jumat, 20 Januari 2017

Hubungan Kuat AS-Jerman Penting untuk Ketertiban Dunia

Barang-barang furnitur yang ada di West Wing Gedung Putih mulai dipindahkan pada 18 Januari 2017, dua hari sebelum keluarga Presiden Barack Obama akan meninggalkan jabatannya dan digantikan oleh Donald Trump. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama yang tidak lama lagi akan turun dan Kanselir Jerman Angela Merkel pada Kamis (19/1) menyatakan hubungan kuat AS-Jerman penting untuk ketertiban dunia, secara tersirat menegur Donald Trump.

Gedung Putih mengatakan keduanya berbincang melalui telepon dan sepakat bahwa kerja sama “penting untuk memastikan ikatan kuat trans-Atlantik, ketertiban internasional berdasarkan aturan dan pertahanan nilai-nilai yang sudah banyak berkontribusi bagi progres kemanusiaan di negara kita dan di dunia.”

Hal itu disampaikan setelah Trump melancarkan sejumlah serangan terhadap Eropa dan Merkel dalam sebuah wawancara dengan dua surat kabar Eropa pada Minggu.

Presiden terpilih dari partai Republik tersebut, yang akan dilantik hari ini, mengkritik keputusan “buruk” Merkel untuk membuka perbatasan Jerman bagi ratusan ribu pengungsi dan imigran.

Dia menyebut NATO “kuno” dan mengatakan akan ada negara-negara lain yang meninggalkan Uni Eropa setelah Inggris.

Komentarnya dikecam luas di kawasan Atlantik. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home