Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 21:07 WIB | Jumat, 12 Februari 2016

Hujan Deras, 38 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

Ilustrasi Pintu Air Manggarai. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Hujan deras yang mengguyur ibu kota sejak sore pada hari Jumat (12/2) mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)mencatat, jumlah genangan di ruas jalan di DKI Jakarta mencapai 38 titik.

Kepala Bidang Pengendalian dan Informatika BPBD DKI Jakarta, Bambang Surya Putra mengatakan, genangan terbanyak berada Jakarta Timur sebanyak 18 titik.

“Di Jalan Puskesmas Kali Sari Ketinggian air mencapai  90-100  sentimeter jam 16.30,” kata Bambang, hari Jumat (12/2).

Untuk wilayah Jakarta Selatan sebanyak 14 titik genangan. Tiga jalan dengan genangan mencapai 40-70 cm berada di Jalan Raya Lenteng Agung Depan Universitas Pancasila, Jalan Gandaria VI,  Jagakarsa dan Jalan H Ipin,  Pondok Labu.

"Depan Universitas Pancasila sudah mulai tergenang pukul 14.30," kata dia.

Kemudian di Jakarta Barat hanya empat titik genangan dengan rata-rata 10-20 cm. Salah satu jalan yang tergenang adalah Jalan Kyai Tapa, depan Universitas Trisakti.

Sejauh ini belum ada informasi tentang titik genangan di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Tiga Pintu Air Siaga Tiga

Sementara itu, Bambang juga mengatakan hujan kali ini membuat tiga pintu air siaga tiga yaitu Pintu Air Pesanggrahan, Pintu Air Krukut Hulu dan Cipinang Hulu.

“Peningkatan air di Pintu Air Pesanggrahan mulai naik pada pukul 16.00 dari ketinggian 125 cm dengan kondisi siaga empat. Kemudian pada pukul 17.00  ketinggian menjadi  140 cm kondisi siaga empat dengan cuaca gerimis. Kemudian pukul 18.05 ketinggian mencapai 175 cm atau siaga tiga dengan cuaca gerimis,” kata dia.

Bambang mengatakan, apabila curah hujan tidak berubah, dalam empat setengah jam, daerah yang terdampak adalah Lebak Bulus, Pondok Pinang IKPN/Bintaro, Cipulir, Ciledug Raya, Sukabumi Selatan, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Rawa Buaya, Kembangan, Kedoya Utara, Kedoya Selatan, Cengkareng, Kedaung Kaliangke dan Kapuk.

Kemudian dia menambahkan ketinggian air di Pintu Air Krukut Hulu mencapai 160 cm. Padahal pada pukul 13.00, siang tadi ketinggian air hanya 70 cm. Kenaikan tinggi muka air ini naik secara bertahap mulai pukul 14.00.

Sekitar empat jam, lanjut dia, kira-kira air akan sampai Pintu Air Karet. Antisipasi wilayah aliran sungai yang dialiri adalah Pondok Labu, Petogogan, Mampang, Kebalen, Kuningan Barat, Pejompongan, dan Bendungan Hilir.

Sementara itu, ketinggian muka air di Pintu Air Cipinang Hulu mencapai 150 cm. Semula ketinggian muka air hanya 85 cm dan mulai naik secara bertahap.

Pihaknya juga memperkirakan aliran air akan sampai di Pintu Air Pulogadung selama empat jam ke depan. Antisipasi wilayah aliran sungai yakni Kampung Rambutan, Ciracas, Kramat Jati, Halim Perdanakusuma, Kebon Nanas, Cipinang Besar Selatan, Cipinang Besar Utara, Kayu Putih, Kelapa Gading Barat, dan Sunter Jaya. (beritajakarta.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home