Loading...
INSPIRASI
Penulis: Daniel Santoso 01:00 WIB | Selasa, 31 Maret 2015

Hujan lagi... hujan lagi....

Hiduplah sesuai tujuan kita diciptakan.
Menyambut hujan (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Ah, hari ini hujan lagi. Suka dan duka berkecamuk sekaligus. Senangnya menghirup kesegaran bau hujan yang membawa angan serasa sedang berada di puncak gunung, dan sedihnya memikirkan penderitaan akibat rumah yang bocor, banjir yang melahap segala, serta jalanan yang minta ampun macetnya.

Segala rencana yang telah disusun menjadi gagal. Saya harus segera mengatur ulang kegiatan agar hari tidak terbuang percuma. Hmm... segera saya menyalakan lap top dan mulai menulis: What life is all about? HIdup itu sesungguhnya tentang apa?

Sebagian orang mencurahkan daya upaya untuk menghasilkan uang karena uang memang amat berguna untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, papan, dan bagi masyarakat modern bertambah untuk jalan-jalan, kenyamanan, dan gaya.

Sementara yang lainnya berfokus pada usaha mengimplementasikan idealisme. Entah dengan mengajar di pedalaman rimba, membangun pembangkit tenaga listrik sederhana, membangun sumur bagi masyarakat miskin, berkesenian, dan 1001 macam hal lain yang tidak memberi kepastian keuangan.

Jalan hidup mana yang kita pilih? Bukan berarti yang satu kurang mulia dari yang lain, bagaikan hujan dan panas. Namun, kehidupan seperti apa yang sebenarnya sudah dipersiapkan Sang Pencipta bagi ciptaan-Nya ini.

Kepada yang seorang, Ia memberikan otak bisnis; kepada yang lainnya, otot kawat tulang besi. Kepada yang satu hati yang penuh ruang bagi keluh kesah sesamanya; sedang bagi yang lain, hati yang penuh ketegasan untuk memimpin sesamanya mancapai tujuan.

Jangan iri pada ciptaan lain! Tidak perlu pula memaksa diri untuk menjalani hidup mereka. Jangan pula hidup demi mendapatkan uang karena uang adalah akar dari segala kejahatan! Jika Tuhan mengaruniakan kita kemampuan menghasilkan lebih, yakinlah ada banyak hal pula yang dituntut dari kita.

Intinya, hanya ada satu hal yang perlu: hiduplah sesuai tujuan kita diciptakan. Agar hidup kita sesegar aroma pagi pegunungan. Mari bertindak sekarang! Tik...tik... tik… bunyi hujan di atas genting….

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home